GERAKAN ORGANISASI MATHAL’UL ANWAR DALAM BIDANG PENDIDIKAN PEMIKIRAN K.H. MAS ABDURRAHMAN
الكلمات المفتاحية:
Mathal’ul Anwar, Pendidikan, Pembaharuanالملخص
Awal abad ke-20 merupakan titik balik (turning point) bagi perkembangan dan transformasi Islam di Indonesia. Berbagai gerakan dan perubahan mulai terlihat dalam aspek sosial, budaya, kepercayaan, dan pemikiran masyarakat, yang berpuncak pada proses modernisasi di Menes, Banten. Artikel ini membahas perkembangan organisasi Mathla’ul Anwar yang mulai tumbuh di wilayah Menes, Banten, pada masa penjajahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka atau studi literatur, melalui pengumpulan, pembacaan, pencatatan, dan pengolahan bahan penelitian untuk menggali informasi tentang Mathla’ul Anwar. Fokus utama pembahasan adalah sejarah dan alasan terbentuknya Mathla’ul Anwar di bidang pendidikan, serta pembaruan dan perkembangannya dalam memajukan pendidikan di Banten. Selain itu, artikel ini juga mengulas pemikiran K.H. Mas Abdurrahman dalam mereformasi sistem pendidikan Mathla’ul Anwar, termasuk pengelolaan sistem madrasah, penerapan sistem klasikal, pembaruan kurikulum, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan bahan ajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa K.H. Mas Abdurrahman berhasil menjadikan Mathla’ul Anwar sebagai lembaga pendidikan Islam yang mampu bersaing dengan sistem pendidikan kolonial Belanda, sekaligus menjadi pelopor pembaruan pendidikan Islam di Banten.
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2025 Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dakwah

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.