PENTINGNYA SEGMENTASI PASAR, POSITIONING DAN BRANDING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS MANAJEMEN DAKWAH
Keywords:
Segmentasi Pasar, Positioning, Branding, Manajemen DakwahAbstract
Manajemen dakwah memainkan peran penting dan signifikan dalam penyebaran nilai-nilai Islam dengan tujuan akhir meningkatkan moral dan etika masyarakat. Dalam era saat ini yang ditandai dengan globalisasi dan perkembangan signifikan dalam teknologi informasi, bidang dakwah menghadapi tantangan berat untuk menjadi lebih relevan dan menjangkau khalayak yang lebih luas dan lebih beragam. Tujuan utama dari upaya penelitian ini adalah untuk menyelidiki pentingnya menerapkan segmentasi pasar, penentuan posisi strategis, dan branding yang efektif di bidang manajemen dakwah, semua diarahkan untuk meningkatkan kemanjuran menyebarkan pesan dakwah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini berkisar pada penelitian perpustakaan yang ekstensif, melibatkan pengumpulan yang cermat dan analisis sistematis data yang bersumber dari segudang sumber literatur terkait. Temuan penelitian ini menggarisbawahi peran instrumental yang dimainkan oleh segmentasi pasar dalam memfasilitasi identifikasi dan keterlibatan demografis target yang tepat, sementara penentuan posisi strategis memungkinkan penanaman persepsi khas mengenai dakwah, dan branding strategis mendorong pengembangan identitas organisasi yang kuat dan koheren. Integrasi sinergis dari ketiga konsep dasar ini secara komprehensif berfungsi untuk meningkatkan relevansi, daya tarik, dan dampak dakwah secara keseluruhan, sehingga memperkuat narasi positif dan penggambaran Islam di tengah persaingan sengit untuk penyebaran informasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dakwah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.