PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH HAURGEULIS
DOI:
https://doi.org/10.61341/q64xzr67Keywords:
Metode Bercerita, Keterampilan BerbicaraAbstract
Keterampilan berbicara merupakan kompetensi esensial yang perlu diajarkan sejak dini, terutama di tingkat sekolah dasar, karena berperan penting dalam mendukung siswa untuk menyampaikan pikiran, pendapat, ide, dan perasaan secara efektif. Berdasarkan pengamatan awal di kelas IV MI Muhammadiyah Haurgeulis, ditemukan bahwa siswa sering mengalami kesulitan dalam berbicara di depan umum. Permasalahan ini meliputi keterbatasan kosakata, ketidakmampuan menyusun ide secara logis, dan rendahnya rasa percaya diri saat berbicara di hadapan teman sekelas. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh kurangnya variasi metode pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan berbicara, sehingga siswa kurang terlatih untuk mengungkapkan pendapat secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode bercerita dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam pelaksaan penelitian, penelitian menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Data yang diambil dan dikumpulkan bersumber pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Haurgeulis. Teknik Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, tes lisan, dokumentasi, dan penyajian data. Berdasarkan dari teknik pengumpulan data yang telah dilakukan melalui uji-t diperoleh thitung sebesar 2,26812 sedangkan ttabel sebesar 1,69236 yang berarti thitung>ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Haurgeulis.
Kata Kunci: Metode Bercerita, Keterampilan Berbicara
References
Fadillah. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Fauziah, H. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan di TK Yaspal III Koto Padang Luar.
Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hidayat, Y. (2021). Kajian Psikologi Sastra dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Penerbit YLGI.
Husein, U. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Khasanah, U., & Suparman, M. A. (2022). Model pembelajaran keterampilan berbicara anak usia dini menggunakan big book: Konsep dan aplikasinya. Prenada Media.
Martaulina, S. D. (2018). Bahasa Indonesia Terapan. Yogyakarta: Deepublish.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Putri, F. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Bercerita dalam Pembelajaran Akhlak pada Mata Pelajaran PAI di SDN 014674 Sumber Harapan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(3), 253-260.
Reber, D. S. (2005). Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugeng, B. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif . Yogyakarta: Budi Utama CV.
Sugiyono. (2010). Pendekatan penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tambak, S. (2016). Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1-26.
Zainuddin. (1991). Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.