PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN 2024

Authors

  • Syifa Aulia Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Author
  • Moch. Hasyim Fanirin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Author
  • Moh. Mas’ud Arifin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.61341/6dyzmf62

Keywords:

Model Pembelajaran Open Ended, Berpikir Kritis, Pelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran matematika. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent (Pretest-Posttest) Group Design dengan melibatkan 40 siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun. Sampel dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol berdasarkan skor tes awal untuk memastikan kesetaraan kelompok. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi, sementara analisis data menggunakan uji Independent t-test dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Open Ended secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikan 0,124 > 0,05, yang mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata skor kelas eksperimen setelah perlakuan (84,50) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (77,50), yang membuktikan efektivitas model ini. Selain itu, observasi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran Open Ended tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam memilih strategi pembelajaran inovatif yang mendorong partisipasi aktif siswa.

References

Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Makassar: Tohar Media.

Angkatan, M. T. M. (2020). Catatan Dasar Pembelajaran Matematika. Pekalongan: Penerbit Nem.

Annisah, S., & Masfi’ah, S. (2021). Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, 1(1), 62–70.

Daenuri, M. A. (2021). Keutamaan Belajar Menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin. CV. Azka Pustaka.

Ishaac, M. (2020). Pengembangan Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bogor: Guepedia.

Prayitno, A. T., Sumarni, M. P., Adiastuty, N., Nurhayati, N., Taufik, A., Riyadi, M., & Syafari, R. (2022). Strategi, Pendekatan, & Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Sukuabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Purbasari, V. A., Samidi, R., Sari, E. N., Habibi, R. K., & Setiawan, R. (2020). Framework Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21. UNY Press.

Sastrawati, E., & Guspita, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4).

Tumanggor, M. (2021). Berfikir Kritis: Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. Ponorogo: Gracias Logis Kreatif.

Utamayasa, I. G. D. (2021). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakad Media Publishing.

Published

2025-02-24

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN 2024. (2025). JURNAL ILMA, 1(1), 56-67. https://doi.org/10.61341/6dyzmf62