PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS IV

Authors

  • Nurul Istiqomah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Author
  • Dewi Utami Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Author
  • Kartini Kartini Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.61341/q52zm878

Keywords:

media, pembelajaran dadu, mata pelajaran fikih

Abstract

Proses pembelajaran di kelas sering kali terlihat monoton, karena banyak guru yang menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa menjadi pasif. Untuk mengatasi hal ini, media pembelajaran inovatif seperti media dadu dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media pembelajaran dadu dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa kelas IV MI Ma’had Al-Zaytun pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sampel 28 siswa kelas IV yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pengajaran langsung di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media dadu berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebanyak 95% siswa merasa pembelajaran lebih mudah dengan media dadu, dan 98% siswa merasa termotivasi untuk belajar. Seluruh siswa mengungkapkan bahwa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, dengan antusiasme tinggi selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kesimpulannya, media pembelajaran dadu efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, menjadikannya alternatif yang relevan untuk diterapkan secara lebih luas dalam berbagai mata pelajaran.

References

Aisah, S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1 No. 1, 49-50.

Depriyanti, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dadu Kata Bergambar Terhadap Hasil Belajar Membaca Permulaan Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 61 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu, 13-14.

Hafiza. (2021). Faqih Pada Madrasah dalam Pendekatan Teori dan Praktek. Sumatera Utara: STAI-JM Press.

Hartono, J. (2018). Metode Pengumpulan dan Tektnik Analisis Data. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Hotimah, D. H. (2022). Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi. Bogor: Guepedia.

Husein, H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatwa Publishing.

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199-2206.

Kustandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana Divisi Prenadamedia Group.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Grup Penerbit IV Budi Utama.

Margarita, P. T. (2021). Profesi Guru Adalah Misi Hidup. Indramayu: Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.

Muniroh, S. N. (2020). Fikih MI Kelas IV. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah.

Hamid, Mustofa Abi, Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M. & Simarmata, J.. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI.

Oemar, H. (2021). Proses Belajar Mengajar . Jakarta: Bumi Aksara.

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O. & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Prasetya, U. (2022). Karakteristik Media Pembelajaran. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Ramen A Purba, d. (2020). Pengantar Medi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Semiawan, C. R. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjuan Teori dan Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray

Published

2025-02-24

How to Cite

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS IV. (2025). JURNAL ILMA, 1(1), 39-55. https://doi.org/10.61341/q52zm878