EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 INDRAMAYU

Penulis

  • Nisa Shoba Marwa Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Henri Peranginangin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Dadan Mardani Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/cx9t4p31

Kata Kunci:

Metode jigsaw, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas metode pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, khususnya One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang diberikan dua kali, yaitu pretest dan posttest, masing-masing terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Hasil pretest menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa adalah 42,57, dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 30, yang mencerminkan hasil belajar yang masih rendah. Setelah diterapkannya metode jigsaw, terjadi peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, sebagaimana ditunjukkan dalam hasil posttest dengan rata-rata nilai 85,14, nilai tertinggi 100, dan nilai terendah 70. Peningkatan yang cukup signifikan ini menunjukkan bahwa metode jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Indramayu. Dengan demikian, metode jigsaw dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran alternatif yang dapat membantu siswa dalam memahami materi secara lebih efektif dan meningkatkan keterampilan belajar secara kolaboratif.

Referensi

Ananda, R. (2020). Inovasi Pendidikan Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Medan: Widya Puspita.

Arikunto, S. (2018). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aris, S. (2018). Model Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Arus Media.

Bunga, M. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Jiqsaw Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SDN 53 Sawerigading Palopo . Sawerigading Palopo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo.

Cahyani, I. (2012). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Agama RI, Hal 52-53.

Chatib, M. (2010). Sekolahnya Manusia (Sekolah Berbasis Multple Intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Hamid, A. (2019). Penyusunan tes tertulis. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hamruni. (2018). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Kusumastuti, A. K. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Laksono, A. P. (2016). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mudjiono, L. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad, H. U. (2019). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mujiono, D. d. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bantul, Yogyakarta: ABSOLUTE MEDIA.

Netalisa, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Tahun 2019 . Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nurfitriyanti, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdesan Emosional. Jurnal Formatif, 153.

Nurmawati. (2020). Evaluasi Pendidikan Islam. Bandung: Cipta Pustaka Media.

Pasaribu, S. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pengumuman Dikelas IV MIS AL-Manar Tembung. Tembung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Septian, K. &. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian.

Shoimin. (2017). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sidibarida. (2019). Sikap Bahasa Siswa SMP N 2 Simanindo Di Siarmata Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Terhadap Bahasa Indonesia. Journal Sastra.

Silberman, M. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suprijono. (2018). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Swarjana. (2020). Populasi-sampel, tehnik sampling dan bias dalam penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Tampubolon, S. M. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Yosefina Amfotis, H. B. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indoensia Siswa Kleas III SD Kristen Citra Bangsa Kota Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar .

Yulismnaniar, L. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN 13 Bathin Solapan . Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama islam, 386.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-24

Cara Mengutip

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 INDRAMAYU. (2025). JURNAL ILMA, 1(1), 1-17. https://doi.org/10.61341/cx9t4p31