PENERAPAN MATERI GHASHAB DI SEKOLAH BERASRAMA: STUDI KASUS SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN

المؤلفون

  • Hasnah Dini Nurfatih Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia مؤلف
  • Dewi Utami Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia مؤلف
  • Moch. Hasyim Fanirin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia مؤلف

DOI:

https://doi.org/10.61341/rmq2m044

الكلمات المفتاحية:

Ghashab, Pembelajaran Fiqih, Penalaran Moral

الملخص

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman siswa kelas VI MI Al-Zaytun terhadap materi ghashab, membangun penalaran moral terkait praktik ghashab, serta penerapan materi tersebut dalam kehidupan berasrama berdasarkan Taksonomi Bloom ranah kognitif yaitu mengingat (C1), memahami (C2), (C3) menerapkan dan ranah afektif yaitu menilai (A3), mengorganisasikan (A4), dan karakterisasi (A5). Menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap 38 siswa, 10 wali kamar asrama, dan 1 guru fiqih. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan uji kredibilitas triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa belum memahami materi ghashab dengan baik, meskipun penalaran moral mereka cukup baik, dengan pandangan bahwa ghashab adalah perbuatan buruk. Namun, penerapan materi ini di kehidupan sehari-hari masih kurang optimal, dipengaruhi oleh faktor situasional, lingkungan, ekonomi, dan kurangnya pembelajaran fiqih yang efektif. Solusi yang diusulkan meliputi: (1) penyampaian materi ghashab secara optimal untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan, (2) peningkatan kontrol asrama dan sekolah melalui sanksi mendidik untuk membangun disiplin dan kejujuran, (3) pembelajaran fiqih melibatkan tasawuf yang bermakna dan menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta (4) pelatihan nilai moral seperti kejujuran sejak dini melalui praktik nyata sehingga dapat menjadikan kejujuran sebagai prinsip hidup yang teguh.

 

المراجع

Afriansyah, N. (2021). Peran Bimbingan Keagamaan dalam Menangani Perilaku Menyimpang (Studi Kasus Perilaku Gashab). Skripsi, 1-13.

Al-Zaytun, M. (t.thn.). Profil Al-Zaytun. Dipetik September 29, 2023, dari www.al-zaytun.ac.id: https://al-zaytun.ac.id/

al-Zuhaili, W. (2004). al-Fiqh al-Islâmi wa Adillatuh. Damsyik: Dâr al-Fikr.

Amalia, R. (2023). Pemikiran Ibnu sinah (Religius=Rasional) tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam, hal. 73 Vol. 6 No.1.

Az-Zuhaili, W. (1986). Ushul Fiqh al-Islamy. Damaskus: Darul Fikr.

Az-Zuhaili, W. (2011 : 662). Fiqh Islam Wa Adialtuhuh. Jakarta: Gema Insan & Darul Fikr.

Bloom, B. S. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Dzamawy. (2021). Pesantren Menempa Karakter Islam. Karanganyar: INTERA.

Elvera, & Astarina, Y. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Ibda, F. (2023). Perkembangan Moral dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Journal of Eduacation Sciences and Teacher Training, Vol. 12. No. 1, hal, 63.

Komariyah, S., & Purwanto. (2023). Peran Madrasah Ibtidaiyah dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Madrasah, 30.

Magdalena, I. (2021). Desain Intruksional SD Teori dan Prakrik . Sukabumi: Jejak Anggota IKAP.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Tksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnak Edukasi dan Sains, 2(1). 132-139.

Mas'ud. (2023). Tasawuf Studies Ajaran Islam Esoterik. Bondowoso: At Taqwa Press.

Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 37, vol.6 no.2.

Maulana, G. (2019). Anatara Fiqih dan Tasawuf. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing.

Novelinda, R. D. (2018). Implementasi Pembelajaran Afektif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi, 31-32.

OK, A. H. (2021). Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun Terhadap . Jurnal pendidikan islam, hal 6, Vol.10 No.2.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8 (2). Hal 81-88.

Simanullang, R. (2015). Al-Zaytun Sumber Inspirasi Bermasyarakat, Berbangsa . PT Tempira Media Grafika.

Sukirman, Baiti, M., Syarnubi, & Fauzi, M. (2023). Konsep Prndidikan Menurut Al-Ghazali. Jurnak PAI Raden Fatah , 456-457.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: MNC Plubishing.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan Edisi Pertama. Padang: Kencana.

منشور

2025-02-24

كيفية الاقتباس

PENERAPAN MATERI GHASHAB DI SEKOLAH BERASRAMA: STUDI KASUS SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN. (2025). JURNAL ILMA, 1(1), 27-38. https://doi.org/10.61341/rmq2m044