INTERPRETASI HADIS PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP STUDI ISLAM KONTEMPORER

Penulis

  • Abdul Jabar Idharudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor Penulis
  • Muwahidah Nurhasanah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhamadiyah Ngawi Penulis
  • Samsuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i6.113

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan telaah kritis terhadap interpretasi hadis dalam pemikiran Fazlur Rahman serta mengevaluasi relevansinya terhadap perkembangan studi Islam di era kontemporer. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan yang menelaah pemikiran tokoh melalui sumber primer berupa karya asli Fazlur Rahman dan sumber sekunder dari literatur lain yang membahas pemikirannya secara mendalam. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif-interpretatif, sementara validitas data diuji melalui triangulasi yang mencakup integrasi antara sumber data, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Fazlur Rahman pemahaman terhadap hadis memerlukan interpretasi menyeluruh yang mempertimbangkan perubahan kondisi sosial dan moral masyarakat modern melalui pendekatan historis terhadap hadis, dengan mentransformasikannya menjadi sunnah yang hidup serta megaikan nilai-nilai universal dari latar situasionalnya. Kebaruan penelitian ini terletak pada studi hadis yang bersifat historis-biografis dan pentingnya menjadikan al-Qur’an sebagai acuan utama dalam proses interpretasi

Kata Kunci: Interpretasi, Hadis, Fazlur Rahman, Studi Islam

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Al-A’la, Abd. (2018). dari Neo-Modernisme ke Islam Liberal; Jejak Fazlur Rahman dalam Wacana Islam di Indonesia, Jakarta: Paramadina.

Amal, Taufik Adnan. (2023) Fazlur Rahman dan Usaha-usaha Neo-Modernisme Islam Dewasa ini”, dalam Fazlur Rahman, Metode dan Alternatif Neomodernisme Islam. Bandung: Mizan.

------, (2020) Islam dan Tantangan Modernitas: Studi atas Pemikiran Hukum Fazlur Rahman, Bandung: Mizan, 1994. Aminuddin, M. Hasbi, Konsep Negara Islam Menurut Fazlur Rahman, Yogyakarta: UII Press.

Esposito, John El. (1995), “Fazlur Rahman” dalam The Oxford Encyclopedia of The Modern Islamic World, Vol. 3, New York: Oxford University Press.

Hamka. (2019). Hermeneutika Hadits-Hadits Hukum; Mempertimbangkan gagasan Fazlur Rahman . Walisongo Pers.

Gadamer, Hans George (2017). Truth and Method, London and New York: Continuum.

Hasanah, M. N., Muslih, M., & Idharudin, A. J. (2025). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Analisis Komparatif Pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Ismail Raji al-Faruqi. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 6(1), 106–129.

Hasanah, R., Masyhudi, F., & Zalnur, M. (2024). Konsep Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Studi Kritis Terhadap Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syad Naquib Al-Attas. Khidmat, 2(2), 422–431.

Heriyansyah, H., Zakaria, A., Muslim, M., & Idharudin, A. J. (2022). Pemberdayaan Desa Binaan Berbasis Keislaman Dan Local Wisdom. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 63–80.

Hidayatullah, Syarif. (2020). Intelektualisme dalam Perspektif Neo-Modernisme, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Idharudin, A. J. (2025). Konsep Humanisme Berbasis Nilai Moderasi Beragama: Analisis Surat Al-Baqarah Ayat 143. Imtiyaz: Jurnal Ilmu Keislaman, 9(1), 144–162.

Idharudin, A. J., Alim, A., & Al Kattani, A. H. (2020). Model Pendidikan Akhlak Sekolah Dasar (Studi Pendidikan Akhlak Perspektif Syaikh Utsaimin Dan Pendidikan Akhlak). Penerapan Kajian, Perlakukan, Dan Riset Untuk Peningkatan Sumber Daya Manusia Menghadapi Era 4.0, 2(2), 69.

Idharudin, A. J., Nurhasanah, M., & Heriyanto, B. (2025). Peran Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam: The Role of Facilities and Infrastructure in Enhancing. DIRASAH: Jurnal Kajian Islam, 2(2), 242–258.

Idharudin, A. J., Nurhasanah, M., & Samsuddin, S. (2025). Pengaruh Metode Penugasan dan Presentasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa: The Influence of Assignment and Presentation Methods on Students’ Academic Achievement. Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 18–30.

Idharudin, A. J., Rahman, R., & Nurhasanah, M. (2025). Peran Pendidikan dalam Mengembangkan Karir Mahasiswa Menuju Indonesia Emas. Indonesian Journal on Education (IJoEd), 1(3), 213–221.

Idharudin, A. J., Samsuddin, S., Yusup, A. M., & Shamsul, M. N. (2024). Metode Targhib Dan Tarhib Dalam Membentuk Akhlak Siswa Sekolah Dasar. Cons-Iedu, 4(2), 341–355.

Idhaudin, A. J. (2019). Penerapan Model Pendidikan Akhlak Syaikh Utsaimin. Jurnal As-Salam Vol, 3(3), 53–66.

Ilyas, Muhammad. (2021). Kontekstualisasi Ajaran Islam dalam Kehidupan Kontemporer . Jurnal Studi Islam, 16(1), 45-67.

Kohar, A., Idharudin, A. J., Ramadhan, A., & Saputra, D. (2020). Membangun Dan Membina Generasi Muda Yang Bertakwa Dengan Optimalisasi Masjid Dalam Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani Di Kampung Muara Kidul Kelurahan Pasir Jaya Kota Bogor. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 114–132.

Meleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Musahadi. (2000) Evolusi Konsep Sunnah: Implikasinya pada Perkembangan Hukum Islam, Semarang: Aneka Ilmu.

-------, (2009) Interpretasi hadis-Hadis Hukum Mempertimbangkan Gagasan Fazlur Rahman, Semarang: Walisongo Press.

Rahman, Fazlur. (1965) Islamic Methodology in History, Islamabad, Islamic Research Institutes.

-------, (1982). Islam and Modernity, London: University of Chicago Press.

-------, (2000). Islam, terj. Ahsin Mohammad, Bandung: Pustaka.

------, (2001). Gelombang Perubahan dalam Islam: Studi tentang Fundamentalisme Islam, Jakarta: Rajawali Grafindo Persada

Rosyid, A., Zakaria, A., & Qohhar, A. (2021). Pendampingan Masyarakat Dalam Membangun Ketahanan Pangan Dan Prilaku Hidup Sehat Di Era New Normal. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 109–121.

Samsuddin, S., Idharudin, A. J., & Maya, R. (2025). Ibn Taimiyah’s Philosophy of Empiricism: Relevance and Transformation in Contemporary Science. Journal of Islamic Studies, 2(4), 442–453.

Shihab, Quraisy. (1997). Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Manusia . Mizan.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

INTERPRETASI HADIS PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP STUDI ISLAM KONTEMPORER. (2025). Journal of Islamic Studies, 2(6), 582-593. https://doi.org/10.61341/jis/v2i6.113