PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i6.119Abstrak
Pendidikan merupakan sarana yang harus ditempuh setiap orang untuk menjadi manusia yang berkualitas. Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran di sekolah menjadi terganggu untuk siswa serta guru. Proses pembelajaran dijalankan secara daring (online). Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) menjadi sangat relevan untuk siswa di kelas awal, karena tidak hanya menyampaikan teori kepada siswa, tetapi juga memberi contoh konkret dan latihan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana metode SAS diterapkan dalam pengembangan keterampilan membaca pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah, mengidentifikasi tantangan yang dialami oleh guru dalam menerapkan metode SAS, serta langkah-langkah yang diambil oleh guru untuk mengatasi kesulitan dalam memberi peningkatan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti ialah orang tua siswa, guru kelas, serta siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan ialah wawancara secara langsung pada guru dan siswa, dokumentasi pada penelitian ini berupa gambar pada saat proses penelitian, dan juga observasi secara langsung pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam penerapan metode SAS guru menggunakan media gambar dan kartu kata 2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode SAS diantaranya siswa, keluarga dan sekolah 3) Upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan pemahaman dan kerjasama yang baik antara orang tua dan guru.
Kata Kunci: Penerapan Metode SAS, keterampilan Membaca, Madrasah Ibtidaiyah
Unduhan
Referensi
Ahmadi A., & Uhbiyati N. (2015) Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Choiri, M. M. (2017). Upaya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar anak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1).
Danim, S. (2010). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabetha.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi pendidikan nasional, 2(1), 93-97.
Gunarsa. (2017). Psikologi Remaja. Jakarta: Penerbit Libri.
Hariyanto (2012). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hernawan, A. H. (2018). Pengembangan Kurikulum dan Pembalajaran SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Hidayah, N., & Novita, N. (2017). Peningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode struktur analitik sintetik (SAS) mata pelajaran bahasa indonesia pada peserta didik kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung TA 2015/2016. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 85-102.
Iskandarwassid. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. bandung: Remaja Rosdakarya.
Khairunnisa, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Metode Sas Di Ra Hidaayatusshibyaan Cikarang Barat. Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran-STAI Bani Saleh, 1(1), 17-35.
Khotimah, H., & Harjono, H. S. (2019). Penggunaan Metode SAS (struktural analitik sintetik) Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan: The Use Of The SAS (synthetic analytical structural) Method In Beginning Reading Learning. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 4(2), 13-27.
Muryanti, D. (2019). Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I di MIN 8 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Musfiqon. (2012). Panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Prestasi public publisher.
Nadhira, A. (2020). Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona. Retrieved Agustus 17, 2020
Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376.
Rachman, M. (2016). Metodologi Penelitian. Surabaya: Unipress.
Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Setiawan, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.