Analisis Metode Imla’ Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Nurul Huda Pondok Jaya
DOI:
https://doi.org/10.61341/siyaqiy/v1i2.007Kata Kunci:
Analisis, Metode Imla', Menulis, Bahasa ArabAbstrak
Analisis metode Imla’ bagi peningkatan kemampuan menulis bahasa Arab. Sebagaimana yang telah terjadi di kelas V MI Nurul Huda Pondok Jaya yang dalam pembelajarannya sering mengalami hambatan dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab, kesulitan penggunaan metode imla’ khususnya dalam bentuk kosa kata bahasa Arab dan upaya yang dilakukan agar metode tetap efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan bagi peningkatan kemampuan menulis siswa, untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi metode imla’ bagi peningkatan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas V MI Nurul Huda Pondok Jaya, dan untuk membantu pendidik dan peserta didik agar tetap konsisten dalam mempelajari metode imla’ sehingga kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas V MI Nurul Huda Pondok Jaya dapat tercapai. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti turun langsung ke lapangan penelitian bertemu dengan mereka untuk mengumpulkan data penelitian, analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukkan 15 orang mengalami peningkatan kemampuan menulis bahasa Arab, 16 orang memiliki nilai yang sama dengan tes sebelumnya, dan 1 orang mengalami penurunan nilai kemampuan menulis bahasa Arab dengan metode imla’.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 SIYAQIY: JURNAL PENDIDIKAN DAN BAHASA ARAB

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.