KAJIAN MAKNA DAN PERUBAAN MAKNA BAHASA ARAB DALAM PENGUATAN KOMPETENSI LINGUISTIK BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.61341/siyaqiy/v2i1.014Kata Kunci:
Perubahan Makna, Bahasa Arab, Semantik, Kompetensi Linguistik, Pembelajaran BahasaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk perubahan makna dalam bahasa Arab serta faktor-faktor penyebabnya, dengan fokus pada implikasinya terhadap penguatan kompetensi linguistik pembelajar bahasa Arab. Kajian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka terhadap teks-teks klasik dan kontemporer berbahasa Arab, serta literatur linguistik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan makna dalam bahasa Arab terbagi menjadi tiga bentuk utama, yaitu perluasan makna, penyempitan makna, dan pergeseran makna. Fenomena tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain perkembangan sosial-budaya, interaksi antarbahasa, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, efisiensi bahasa, serta perubahan nilai dan asosiasi emosional. Temuan ini menegaskan bahwa bahasa Arab memiliki fleksibilitas semantik yang tinggi dan adaptif terhadap konteks zaman. Pemahaman terhadap dinamika makna ini sangat penting untuk mencegah kesalahan interpretasi, terutama dalam pembacaan teks-teks klasik dan ilmiah, serta sebagai strategi efektif dalam pembelajaran bahasa Arab secara kontekstual dan berorientasi masa kini.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 SIYAQIY: JURNAL PENDIDIKAN DAN BAHASA ARAB

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.