Pengaruh Metode Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di MTs Nurul Hady Kadumanggu Bogor

Penulis

  • Zulkarnain IAI AL-AZIS Penulis
  • Alfi Satria IAI AL AZIS Penulis
  • Moch. Hasyim Fanirin IAI AL AZIS Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/siyaqiy/v1i2.008

Kata Kunci:

pengaruh, teams games tournament, kosa kata, bahasa arab, mufrodat

Abstrak

Zulkarnain, 2023, Pengaruh metode Teams Games Tournament dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab di MTs Nurul Hady Kadumanggu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAI AL-AZIS Indramayu, Pembimbing: Alfi Satria dan Moch Hasyim Fanirin.

Berdasarkan hasil pengamatan dan informasi yang diperoleh di MTs Nurul Hady ditemukan bahwa guru sering kali menyampaikan materi hanya dengan metode ceramah terutama dalam memberikan kosakata baru bagi siswa. Di lain sisi juga ada kecenderungan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Arab masih rendah.

Metode Teams Games Tournament (TGT) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah untuk dilaksanakan. Dilihat dari salah satu tahapan TGT yaitu permainan (Game)  yang akan membuat siswa tidak bosan dan jenuh dalam mempelajari bahasa Arab terutama dalam menguasai mufrodat bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Teams Games Tournament berdampak positif untuk meningkatkan kemampuan kosa kata para bahasa Arab.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MTs Nurul Hady Kadumanggu dan sampel yang digunakan yaitu kelas 7 melalui teknik Non-probability sampling dengan kelas 7B sebagai kelas eksperimen dan kelas 7A sebagai kelas kontrol. Metode Teams Games Tournament merupakan variabel independen, sedangkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab variabel dependen. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa soal isian singkat. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan t-test two-sample assuming equal variances.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Teams Games Tournament berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan kosa kata bahasa Arab. Nilai rata-rata gainscore kelas eksperimen adalah 36,45 dan rata-rata gainscore kelas kontrol adalah 28,12. Dari data tersebut diketahui bahwa rata rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dari data tersebut didapati bahwa nilai sig nya adalah 0.0000001744 untuk sampel sebanyak 48 partisipan < batas kritis tingkat signifikansi 0,05. Dalam penelitian ini menggunakan kriteria tolak  jika nilai sig < dari 0,05 dengan artian tidak ada perbedaan atau pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Maka dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan diterima.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-29

Cara Mengutip

Pengaruh Metode Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di MTs Nurul Hady Kadumanggu Bogor. (2024). SIYAQIY: JURNAL PENDIDIKAN DAN BAHASA ARAB, 1(2), 73-79. https://doi.org/10.61341/siyaqiy/v1i2.008

Artikel Serupa

1-10 dari 14

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.