Pengaruh penggunaan media permainan Bingo terhadap peningkatan mufradat siswa (studi eksperimen siswa kelas III SDIT Insan Madani)

Penulis

  • Aova Fauziah Pendidikan Bahasa Arab Penulis
  • Dewi Utami Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Moh. Mas’ud Arifin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/siyaqiy/v2i1.012

Kata Kunci:

media permainan Bingo, mufradat

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan Bingo terhadap peningkatan mufradat siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Penelitian eksperimen ini dilakukan tanpa adanya kelas pembanding, mencari tahu kemampuan siswa sebelum diberi perlakuan berupa media permainan dengan memberikan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 33.08 dan hasil rata-rata nilai posttest sebesar 72.05, dari hasil rata-rata nilai pretest dan posttest terdapat peningkatan sebanyak 38,08 kemudian didapatkan hasil  signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 hasil ini dapat menjawab hipotesis dalam penelitian ini dengan kriteria pengujian 95%  yakni jika nilai sig kurang dari 0,000 maka terdapat pengaruh terhadap peningkatan mufradat siswa. Dari hasil pengamatan saat pembelajaran banyak siswa yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan cepat siswa juga terlihat antusias untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada papan Bingo. Maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media permainan Bingo berpengaruh terhadap peningkatan mufradat siswa. Dan dari hasil uji N Gain score didapat nilai mean sebesar 58,08% yang berarti penggunaan media permainan Bingo cukup efektif terhadap peningkatan mufradat siswa kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Madani Bongas.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

Pengaruh penggunaan media permainan Bingo terhadap peningkatan mufradat siswa (studi eksperimen siswa kelas III SDIT Insan Madani). (2025). SIYAQIY: JURNAL PENDIDIKAN DAN BAHASA ARAB, 2(1), 10-19. https://doi.org/10.61341/siyaqiy/v2i1.012