Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Santri Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Khairul Bariyyah Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.61341/siyaqiy/v1i1.04Kata Kunci:
Pengaruh, Kosakata, Muhâdatsah, Bahasa Arab.Abstrak
Kemampuan berbahasa khususnya bahasa Arab mengacu pada kemampuan yang berhubungan dengan penggunaan bahasa dalam komunikasi nyata. Muhâdatsah adalah kemahiran bahasa Arab yang lebih mengutamakan komunikasi dalam bentuk ucapan daripada tata bahasa, dan biasanya aspek yang dijadikan pegangan saat melatih kemampuan muhâdatsah adalah memperbanyak kosakata. Atas dasar fakta diatas penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian di MTs Khairul Bariyyah, Bekasi, dengan mengangkat tema penelitian tentang pengaruh antara penguasaan kosakata bahasa Arab terhadap kemampuan berbicara (muhâdatsah). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan kosakata bahasa Arab dan kemampuan berbicara bahasa Arab santri kelas VIII di MTs Khairul Bariyyah, serta mengetahui adanya dan seberapa besar pengaruh antara penguasaan kosakata bahasa Arab terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab santri kelas VIII di MTs Khairul Bariyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan mufradat serta kemampuan Muhâdatsah santri kelas VIII di MTs Khairul Bariyyah cukup baik dengan hasil rata-rata tes dari masing-masing variabel: 88 dan 87. Kemudian, adanya pengaruh antara penguasaan kosakata bahasa Arab terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab terbukti dengan hasil uji regresi liniar sederhana yang menunjukkan hasil positif dengan persamaan regresi Y 49,797 + 0,426 (X) begitu pula denga hasil koefisien determinasinya yang menghasilkan angka 24,9% untuk besar pengaruhnya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 SIYAQIY: JURNAL PENDIDIKAN DAN BAHASA ARAB

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.