PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v1i1.005Kata Kunci:
Singing Method, Arabic VocabularyAbstrak
The purpose of this study was to determine the ability of Arabic vocabulary in class VII students of MTS Al-Zaytun using the singing method and not, and to determine the effect of using the singing method on the madrasa students' ability to master Arabic vocabulary. In this quantitative study, researchers collected data using observation, testing, and documentation data collection techniques. The results showed that after the pretest and posttest obtained from the multiple sample t test for the experimental category with a t value of -13.124 <2.024. Thus Ho is rejected and H1 can be accepted. The conclusion is that the singing method greatly influences the improvement of Arabic vocabulary mastery of class VII students of MTS Al-Zaytun Indramayu.
Unduhan
Referensi
Afroni, Mochamad & Lutfi, A Barzan. (2021). Efektivitas Metode Bernyanyi dalam Penguasaan Mufradat Bahasaarab di Kelas VII A Mambaul Ulum Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bashrah, 1(2), 118–128.
Amrulloh, Abdul Kahfi. (2019). Efektifitas Penerapana Metode Hypnoteaching sebagai Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 1 Yogyakarta [UIN Sunan Kalijaga]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/document/650889
Kamtini & Sitompul, Fahmi Agustina. (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141–145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295
Masamah. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TKQ B Darul Istiqomah Kebon Jeruk- Jakarta Barat) [Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ)]. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/291/1/2019-MASAMAH-2015.pdf
Nugroho, Untung. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. CV. Sarnu Untung.
Nurzainab. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Al Ikhlas Taqwa Jalan Medan Area Selatan Kecamatan Medan Area Kota Medan [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/15054/1/Nurzainab%20%28skripsi%20lengkap%29.pdf
Nisa, Ika Khoirun dkk. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 07 Purbolinggo. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 12(2), 43–60. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.7878
Rahman, Nafsiah Hafidzoh dkk. (2021). Pengaruh Media Flashcard dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum Dan Ilmiah), 2(2), 99–106. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/296
Ridwan dan Awaluddin, A. Fajar. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Alfabeta.
Yuliany, Emy & Sahono, Bambang . (2020). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Pinang. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 55–63. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i1.18103
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.