ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERMINAL 5 CAFE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i3.085Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Pemasaran, PenjualanAbstrak
Bisnis kafe di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan pesat, dengan banyaknya kafe yang bermunculan di berbagai lokasi. Fenomena ini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Menyikapi perkembangan ini, peneliti tertarik untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran guna meningkatkan penjualan kafe. Penelitian ini difokuskan pada Terminal 5 Cafe di Bogor, menggunakan elemen-elemen dalam Bauran Komunikasi Pemasaran untuk mengevaluasi strategi komunikasinya. Metode penelitian yang diterapkan meliputi pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan manajemen Terminal 5 Cafe, observasi langsung di lokasi, serta studi literatur relevan. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengidentifikasi elemen-elemen strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh kafe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bauran komunikasi pemasaran yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan Terminal 5 Cafe adalah advertising dan sales promotion. Dari kedua elemen tersebut, advertising terbukti memiliki dampak yang paling signifikan terhadap penjualan. Temuan ini memberikan wawasan tentang pentingnya strategi iklan yang kuat dalam menarik pelanggan dan meningkatkan volume penjualan, menegaskan peran krusial komunikasi pemasaran dalam kesuksesan bisnis kafe di era modern.
Unduhan
Referensi
Arief, A. B. (2021). Analisis Rencana Bisnis Pada Usaha Cafe. Jurnal JimFeb.
Arief Selay, e. a. (2023). Sistem Informasi Penjualan. Karimah Tauhid.
Harianti, N. T. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern. Eksekutif.
Khairunnisa Noviani, D. L. (2018). Studi Deskriptif Perbandingan Guru TK Dalam Penggunaan LKA dan APE di Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono Sidoarjo. Jurnal PAUD Teratai: UNESA.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Data Pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Mayarakat, 146.
Nufian S Febriani, W. W. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Nursyirwan, V. I. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatan Volume Penjualan. Jurnal PKM, 238-244.
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 62-70.
Siagian, E. R. (2019). Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran Produk Prung Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Repository Unikom.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Method). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.