IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN MADRASAH ALIYAH DALAM PENGUATAN KEMAMPUAN KHITOBAH SANTRI KELAS 12 MA’HAD AL-ZAYTUN
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i6.116Abstrak
Penelitian ini mengkaji implementasi fungsi manajemen Madrasah Aliyah dalam penguatan kemampuan khitobah santri kelas 12 di Ma’had Al-Zaytun. Salah satu masalah yang dihadapi dalam mata pelajaran muhadharah adalah rendahnya motivasi menulis santri, khususnya keterbatasan dalam menyusun artikel pidato berbahasa Arab atau Inggris. Akibatnya, santri cenderung menggunakan teks lama dan sering lalai terhadap tugas yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi fungsi manajemen dalam membantu penguatan kemampuan khitobah serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun berperan dalam penguatan kemampuan khitobah santri melalui berbagai program. Fungsi manajemen yang diterapkan mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang efektif. Faktor pendukung meliputi program kerja, keteladanan, dan motivasi diri. Sementara itu, faktor penghambat mencakup ragam kegiatan santri yang padat, permasalahan internal, dan rendahnya kesadaran diri santri dalam menjalankan tugas-tugas pembelajaran.
Kata Kunci: Manajemen, Khitobah, Santri, Madrasah Aliyah
Unduhan
Referensi
Amilatun, N. (2022). Implementasi kegiatan khitobah dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak di Panti Asuhan Dewi Masyithoh Cabang Pemalang. Pemalang: STIT Pemalang.
Fardina, dkk. (2021). Implementasi manajemen tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri 2 Bunder. JIP Jurnal Inovasi Penelitian, (nomor halaman tidak tersedia).
Harahap, A. K. (2023). Pelaksanaan muhadharah dalam meningkatkan percaya diri santri di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Hidayati. (2014). Manajemen pendidikan, standar pendidik, tenaga kependidikan, dan mutu pendidikan. Al-Ta'lim Journal, 42–43. https://www.proquest.com/scholarly-journals/manajemen-pendidikan-standar-pendidik-tenaga/docview/1954331088/se-2?accountid=215586
Kemenag. (2022). Qur'an Kemenag. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMA).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahman, dkk. (2023). Santri MKBM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) program in development self-student. Al-Ta'lim Journal, 28. https://www.proquest.com/scholarly-journals/santri-mbkm-merdeka-belajar-kampus-program/docview/2850813333/se-2?accountid=215586
Sugiyono, D. P. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, interpretatif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. ADAARA.
Zahra, S. (2022). Manajemen koperasi. Federal Reserve Bank of St. Louis. https://www.proquest.com/working-papers/sufiani-zahra/docview/2651438069/se-2?accountid=215586
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.