STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PENGURUS RELAWAN MUDA HAURGEULIS DALAM PENGGALANGAN DANA SOSIAL “AKSI BERBAGI”
Kata Kunci:
strategi komunikasi, persuasif, aksi berbagiAbstrak
Bencana Covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2020-2022 menyebabkan masyarakat di beberapa negara terdampak di berbagai bidang khususnya bidang ekonomi. Masyarakat Indonesia saat ini dalam masa pemulihan perekonomian sebab Covid-19 memberikan efek besar bagi masyarakat menengah ke bawah yang mendominasi di Indonesia. Hal tersebut membuat beberapa masyarakat tergerak untuk membantu seperti Komunitas Relawan Muda Haurgeulis yang menyelenggarakan aksi berbagi. Adapun tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif pengurus relawan muda Haurgeulis terhadap donatur untuk menggalang dana aksi berbagi. (2) Untuk mengetahui bagaimana menerapkan strategi psikodinamika, strategi sosiokultural, dan strategi meaning construction yang dilakukan oleh pengurus relawan muda Haurgeulis terhadap donatur untuk menggalang dana aksi berbagi. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui observasi, dan wawancara. Populasi yang diambil bedasarkan sampling purposif. Penulis menggunakan model Melvin L. De Fleur dan Sandra J. Ball-Rokeach yang membagi strategi komunikasi persuasif menjadi tiga bagian yaitu strategi psikodinamika, strategi sosiokultural, dan strategi meaning construction. Dengan strategi psikodinamika, sosiokultural, dan meaning constuction yang diterapkan relawan muda untuk membuat konsep, tidakan, agar mendapat tujuan yang ditetapkan pengurus relawan muda Haurgeulis.
Kata Kunci: strategi komunikasi, persuasif, aksi berbagi
Unduhan
Referensi
Ais, Rohadatul. (2020). Komunikasi Efektif di Masa Pandemi Covid-19: Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Era 4.0 (KKN-DR). Makmood Publishing.
Hendri, E. (2019). Komunikasi Persuasif Pendekatan dan Strategi. Bandung: PT Remaja Rosada.
Karomah, Latifa, and Rusmadi Awza. (2016). Strategi Komunikasi Persuasif Pekerja Sosial dalam Pembinaan Remaja Putus Sekolah di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Rumbai. Diss. Riau University,.
Nida, Fatma Laili Khoirun. (2014). Persuasi dalam Media Komunikasi Massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 2(2) p.77-95.
Paramita, Eka Putri, Desak Made Yoniartini, & I. Made Permadi Utama. (2022). Analisis Kalimat Persuasif Dalam Strategi Komunikasi Penjualan Online Pada Media Sosial Instagram (IG)." Jurnal Ilmiah Telaah 7(1) p.11-19.
Prayoga, William. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Hipnotis Jogja (KHJ) Dalam Menarik Minat Anggota (Studi Deskriptif Kualitatif di Komunitas Hipnotis Jogja). Diss. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Ramdhani, S. (2018). Konstruksi Nilai Multikulturalisme Pada Masyarakat Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Patanjala , 2.
Relawan Muda Haurgeulis. (2020, Juni 2). Instagram. Retrieved Maret 10, 2022, dari Instagram: https://instagram.com/relawanmudahaurgeulis?utm_medium=copy_link
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suswanto, Priyo, and Sri Dewi Setiawati. (2020). Strategi komunikasi pemasaran Shopee dalam membangun positioning di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi 3(2) p.16-29.
Unicef Indonesia. (2021, Mei). Unicef Indonesia. Dipetik September Rabu, 2022, dari Unicef org: https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/analisis-dampak-sosial-dan-ekonomi-covid-19-pada-rumah-tangga-di-indonesia
Hendri. (2019). Komunikasi Persuasif Pendekatan dan Strategi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL MA’AHID

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.