ANALISIS PESAN DAKWAH PADA FILM CINTA SUBUH KARYA ALI FARIGHI BAGI MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM IAI AL-AZIS
Kata Kunci:
Pesan Dakwah, Film, Cinta Subuh, SemiotikaAbstrak
Penelitian ini mengkaji pesan dakwah dalam film Cinta Subuh karya Ali Farighi bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI AL-AZIS. Pokok masalahnya yaitu: (1) apa saja pesan dakwah dalam film tersebut berdasarkan teori semiotika Roland Barthes; dan (2) bagaimana pesan dakwah tersebut diterima oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap film, wawancara dengan mahasiswa, dan studi dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer (film dan wawancara mahasiswa) dan data sekunder (literatur yang relevan). Analisis data dilakukan dengan model semiotika Roland Barthes yang mencakup analisis denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Cinta Subuh memuat pesan dakwah meliputi aqidah (keyakinan terhadap Allah), akhlak (istiqamah dalam amanah), dan syariah (larangan mendekati zina). Pesan-pesan ini ditangkap secara positif oleh mahasiswa dan memberikan pengaruh terhadap pemahaman keagamaan mereka.
Kata Kunci: Pesan Dakwah, Film, Cinta Subuh, Semiotika
Unduhan
Referensi
Ahmad Taufik, I. H. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Damanhuri, D. (2022). Analisis Isi Pesan Dakwah Syariah pada Website Bincangsyariah.com. Jurnal Dakwah dan Komunikasi.
Harahap, M. (2019). Peranan Pesan Dakwah Di Instagram Terhadap Meningkatnya Minat Keagamaan Mahasiswa Psikologi UMA. Medan: Universitas Medan Area.
Haryati, S. (2019). Pesan Dakwah Dalam Film Cinta Subuh Episode Pejuang Subuh Karya M. Amrul Umami. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Rantry.
Jamilah , N. S. (2021). Pesan Dakwah Dalam Film Cinta Subuh (Analisis Wacana Teun A.Van Dijk Terhadap Film Cinta Subuh). Bandung: Uin Sunan Gunung Djati Bandung .
Julian, T. S. (2021). Pesan Dakwah Dalam Film Ajari Aku Islam (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bengkulu: Institut Agama Islam Bengkulu.
Mardiyah, R. (2019). Pesan Dakwah Dalam Film Insya Allah Sah (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Marwah, N. (2021). Ibadah sebagai Bentuk Komunikasi Transendental. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan.
Muwardi, E. (2021). Hadis Sikap Penuntut Ilmu. Bogor: Guepedia.
Priyono, F. D. (2021). Pesan Dakwah Dalam Film Cinta Subuh 2 Maha Cinta. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Said, H. (2017). Pesan-pesan Dakwah Dalam Film Syurga Cinta (Analisis Semiotika). Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Sugiono. (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulistyandi, A. K. (2021). Penyampaian Pesan Dakwah dalam Film "Aku Tahu Kapan Aku Mati" Tahun 2020 (Pendektan Analisis Semiotika". Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Wahyuningsih, S. (2019). Film dan Dakwah: Memahami Representasi Psan-Pesan Dakwah dalam Film melalui Analisis Semiotik. Media Sahabat Cendekia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL MA’AHID

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.