ANALISIS METODE DAKWAH USTADZ ADI HIDAYAT DALAM YOUTUBE CHANNEL ADI HIDAYAT OFFICIAL
Kata Kunci:
Metode, Dakwah, YouTubeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode dakwah yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam kanal YouTube Adi Hidayat Official. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah: (1) metode dakwah apa saja yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat, dan (2) bagaimana penerapan metode dakwah tersebut dalam konten-konten YouTube-nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap konten YouTube Adi Hidayat Official dan akun Instagram @adihidayatofficial, serta wawancara dengan lima orang pengikut akun Instagram tersebut. Sampel konten yang dianalisis berjumlah enam video dakwah yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan hasil observasi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Adi Hidayat menggunakan tiga metode dakwah, yaitu: (1) metode bil hikmah, (2) metode mau'izhah hasanah, dan (3) metode mujadalah bi-allati hiya ahsan. Ketiga metode tersebut diterapkan secara konsisten dalam kontennya, dengan merujuk pada Al-Qur’an dan Hadis, serta mengedepankan pendekatan yang santun, mengajak umat menyikapi perbedaan dengan cara yang baik, menggunakan tutur kata yang lembut, dan menghindari sikap menyalahkan pihak lain.
Kata kunci: Metode, Dakwah, YouTube
Unduhan
Referensi
Aldiawan. (2020). Dakwah dalam Mengatasi Problematika Remaja. Al-mishbah, Vol.16No. 1 Januari–juni2020, 46-47.
Aminudin. (2018). Konsep Dasar Dakwah. Al-Munzir.
Husna, N. (2021). Metode Dakwah Islam dalam Perspektif Al-Qur’an. Referensi Media Komunikasi dan Dakwah Vol 1 No. 1,, 100-101.
Maullasari, S. (2019). Metode Dakwah Menurut Jalaluddin Rakhmat dan Implementasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling Islam (BKI. Jurnal Dakwah, Vol. 20, No. 1, 43.
Rahmawati, F. (2017). Metode Dakwah Menurut Al-Qur’an dalam Pengembangan Masyarakat Islam. Tesis. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diakses dari https://repository.radenintan.ac.id/276/3/BAB_I.pdf
Saifullah, M. J. (2006). Dakwah Tekstual dan Kontekstual Peran dan Fungsi dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat. Yogyakarta: AK.Group.
Sarosa, S., & Sarwiji, B. (Eds.). (2017). Penelitian kualitatif: Dasar-dasar. Indeks.
Subagiyo, R. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Alim's Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhandang, K. (2013). Ilmu Dakwah : Perspektif Komunikasi. Bandung: Pustaka Rosadakarya.
Wahab, A. (2020). Analisis Metode Dakwah dalam Film Ayat-Ayat Cinta 2. Jurnal An-Nida, Vol. 12, No. 1, 68.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL MA’AHID

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.