IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR PANCASILA SILA PERTAMA BERDASARKAN PASAL 29 AYAT 1 UNDANG-UNDANG DASAR 1945 DAN SIYASAH DUSTURIYAH

المؤلفون

  • Tiara Zahira Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia مؤلف
  • Siti Ngainnur Rohmah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia مؤلف
  • Munawir Sajali Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia مؤلف

DOI:

https://doi.org/10.61341/el-siyasa/v2i2.018

الكلمات المفتاحية:

Pancasila Sila Pertama, Pasal 29 ayat 1, Siyasah Dusturiyah

الملخص

Implementasi nilai-nilai dasar Pancasila, khususnya Sila Pertama, berdasarkan Pasal 29 Ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 dan konsep Siyasah Dusturiyah, memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan perilaku masyarakat Indonesia, termasuk di kalangan siswa Madrasah Aliyah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pemahaman dan aplikasi nilai-nilai Sila Pertama Pancasila dan konsep fiqih siyasah dusturiyah diintegrasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas 10 Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Pancasila sila ke satu pada santri kelas 10 di Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun sesuai dengan Perspektif Pasal 29 Ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 telah terbukti efektif dalam mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. Nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa tidak hanya dipahami secara teoritis tetapi juga diamalkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam interaksi sosial, kedisiplinan, dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas mereka. Sedangkan dari sudut pandang Siyasah Dusturiyah, penerapan sila pertama Pancasila di Madrasah Aliyah Ma'had Al-Zaytun sebagai komponen penting dalam pengajaran agama yang komprehensif.

 

التنزيلات

تنزيل البيانات ليس متاحًا بعد.

المراجع

Rahim, A. F. (2024). Implementasi Fungsi Hukum Administrasi Negara Menurut Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Rahim, M. A. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Pelajar Ma’had Al-Zaytun. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Acim, S. A. (2024). Systematic, substantive and functional comparison between the holy Qur’an and pancasila. Hervormde Teologiese Studies, ,79(2) doi: https://www.proquest.com/results/DB1B6A0AD62F4A09PQ/1?accountid=215586.

Ahong, U. (2020, Juni 17). Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 110: Prinsip Ajaran Islam. https://islami.co/tafsir-surat-al-kahfi-ayat-110-prinsip-ajaran-islam/.

Akmal, Z. (2019). Relevansi Pasal 29 Konstitusi Terhadap Sila Pertama Pancasila Sebagai Dasar Negara. Jurnal Hukum, 1-23.

Al-Zaytun. (2024). Ma'had Al-Zaytun. Retrieved from al zaytun.sch.id: https://www.alzaytun.sch.id/

Asep, S. (2007). Tahap-Tahap Penelitian Kualitatif.

Atmojo, S. E. (2024). The Impact Of Stem Integration In Pancasila Characteroriented Learning On The Professional Competence Of Indonesian Elementary School Teacher Candidates. Revista De Gestão Social e Ambiental,18(7),1-23.doi: https://www.proquest.com/results/248CFE9CB6B34AEAPQ/1?accountid=21556.

Darissalam, N. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Santri Ma'had Al- Zaytun di Era Globalisasi. Jurnal Hukum, Vol 2.

Sudirman. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sila Pertama Terhadap Kehidupan Beragama. Jurnal Hukum, 1-6.

Jatmiko, D. (2022). Pandangan Islam Terhadap Pancasila NKRI dan Nasionalisme. Jurnal Hukum, 1-2.

KBBI. (2016). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved from kbbi.kemdikbud.go.id: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/implementasi

Kemendikbud. (2024, April 14). MAS Ma`Had Al Zaytun. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Data Referensi.

Kurnianto, R. (2012). Pola Sosialisasi Nilai Agama Dan Budi Pekerti Berbasis Akulturasi Budaya Pada Selawatan Gembrung. [Pattern Of Socialization Of Religious And Budi Pekerti Value Based On Cultural Aculture At Gembrung Selawatan]. El Harakah, 14(2), 206-225. doi: https://www.proquest.com/results/1D98652BFF6E4EC8PQ/1?accountid= 215586.

Rohmah, A. M. (2020). Relevansi Hak Kebebasan Mengeluarkan Pendapat Dalam Pasal 28E Ayat 3 Undang Undang Dasar 1945 Negara Republik Indonesia Terhadap Kajian Fiqih Siyasah. Mizan: Journal of Islamic Law.

Tardi & Abdur Rahim. (2022). Pentingnya Pendidikan Aqidah Akhlak Bagi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Haurgeulis Indramayu Tahun 2019. JOEL: Journal of Educational and Language Research.

Maulana. R. (2022, November 18). Baca al-quran surat al-ikhlas dan tafsir lengkap arab dan terjemah. https://www.muslimkita.com/keislaman/amp/pr-4265713723/baca-al-quran-surat-al-ikhlas-dan-tafsirnya-lengkap-arab-dan-terjemah.

Munir, S. R. (2024). Managing Critical Thinking Skills To Resilience Profile Of Pancasila Students In Indonesia Using Controversial Public Issues Model. Revista De Gestão Social e Ambiental, 18 (5), 1-15. doi: https://www.proquest.com/results/D5ED6114E24F42ACPQ/1?accountid= 215586.

Nurhasan & Siti Ngainur Rohmah (2021). Analysis Of The Comparative Western Democracy, Pancasila Democracy, And The Concept Of Shura; Study Of The Book Manuscript "Democracy In Islamic Perspective By Ahmad Sukardja And Ahmad Sudirman Abbas". Journal Of Legal Research.

Putriawati, I. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Perilaku Siswa di SMK Islam Tewrpadu Gunung Sari Makasar. Jurnal Pendidikan, 1-126.

Rangkuti, M. (2023). Sikap Positif Terhadap Pancasila Sila Pertama Ketuhanan yang Maha Esa. jurnal Hukum, 1-1.

Riskita. P.A. (2024, Januari 11) Bacaan Surat An-Nisa Ayat 36 Beserta Arti dan Tafsirnya. https://www.orami.co.id/magazine/surat-an-nisa-ayat-36.

Rohman & Munawir Sajali. (2011). Kandungan Nilai-Nilai Syariat Islam dalam Pancasila. RM book.

Suryana, C. (2010). Data dan Jenis Data Penelitian.

Taufik, A. (2015). Fiqih Siyasah Konteks dan Konsep Pengelolaan Pemerintahan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.

منشور

2025-05-31

كيفية الاقتباس

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR PANCASILA SILA PERTAMA BERDASARKAN PASAL 29 AYAT 1 UNDANG-UNDANG DASAR 1945 DAN SIYASAH DUSTURIYAH. (2025). EL-SIYASA: JOURNAL OF CONSTITUTIONAL LAW, 2(2), 92-103. https://doi.org/10.61341/el-siyasa/v2i2.018

الأعمال الأكثر قراءة لنفس المؤلف/المؤلفين

المؤلفات المشابهة

1-10 من 13

يمكنك أيضاً إبدأ بحثاً متقدماً عن المشابهات لهذا المؤلَّف.