STRATEGI KOMUNIKASI LAZGIS DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA CENGKONG, KECAMATAN PURWASARI, KABUPATEN KARAWANG, JAWA BARAT

Penulis

  • Ismanto Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Muhammad Nurkholis Abdurrazaq Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v1i6.061

Kata Kunci:

Strategi, Komunikasi, Zakat, Masyarakat

Abstrak

Artikel ini mengkaji tentang Strategi Komunikasi LAZGIS dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan program-program yang dikembangkan oleh LAZGIS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, penelitian lapangan yang dideskripsikan dengan kata-kata dan bahasa yang mendalam (bukan dengan statistik/angka-angka) didapat dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menggambarkan strategi komunikasi LAZGIS dalam memberdayakan masyarakat Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat ialah LAZGIS merencanakan dan melaksanakan berbagai program kerjanya dengan terjun langsung ke masyarakat melakukan sosialisai program, pembimbingan, penyuluhan dan pelatihan, baik di lingkunagn masyarakat itu sendiri dan membina masyarakat di tempatnya. Diterima program – programnya dalam pemberdayaan masyarakat Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, adalah karena faktor kedisiplinan, serius mengkawal program, humanis dan kepercayaan yang tinggi dari  masyarakat. Tercermin dari tanggapan masyarakat yang menilai positif, senang dan bersyukur dengan keberadaan LAZGIS di desa mereka.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arni, Muhammad. 2004. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Amirullah. 2015. Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media

Daryanto. 2011. Ilmu komunikasi. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hazrati, Arifatul. 2019. Analisis Pengelolaan Zakat sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Baitul Mal Kota Banda Aceh. [skripsi]. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Megawati. 2019. Peran Dana Zakat Produktif dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahik di Baitul Mal Kabupaten Pidie. [skripsi]. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri A-Raniry.

Indrajit, Wisnu dkk. 2014. Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Gagasan Manajemen Pengembangan Masyarakat Untuk Memutus Mata Rantai Kemiskinan. Malang: Intans Publishing.

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurudin. 2016. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Padangaran, Ayub M. 2011. Manajemen Proyek Pengembangan Masyarakat, Konsep, Teori, dan Praktek. Kendari: Unhu Press.

Purnama, Putri Dian. 2016. Efektivitas pelaksanaan program terpadu peningkatan peran perempuan menuju keluarga sehat sejahtera (P3KSS) kampung Onoharjo Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah tahun 2015. [skripsi]. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rafu, Yovita. 2019. Strategi Komunikasi untuk Memberdayakan Anak Jalanan (Penelitian Deskriptif Kualitatif Melalui Program Kegiatan Belajar Mengajar Di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. [skripsi]. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”.

Suharto, Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. Bandung: Refika Aditama.

Suryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wijayanti, Irene Diana Sari. 2012. Manajemen. Yogyakarta: Nuha Medika.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-02

Cara Mengutip

STRATEGI KOMUNIKASI LAZGIS DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA CENGKONG, KECAMATAN PURWASARI, KABUPATEN KARAWANG, JAWA BARAT. (2024). Journal of Islamic Studies, 1(6), 766-781. https://doi.org/10.61341/jis/v1i6.061

Artikel Serupa

11-20 dari 62

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.