ANALISIS PERANAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DAKWAH MAHASISWA

Penulis

  • Sulton Auli Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Ahmad Asrof Fitri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Meity Suryandari Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.096

Kata Kunci:

Peranan, perguruan tinggi, potensi dakwah, mahasiswa

Abstrak

Mahasiswa merupakan generasi muda dengan peran strategis sebagai agen perubahan dalam masyarakat. Sebagai individu yang menempuh pendidikan tinggi, mereka memiliki peluang besar untuk memahami dan menyebarkan nilai-nilai keislaman. Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab moral dan akademik untuk membimbing mahasiswa dalam memperdalam pemahaman agama serta menyalurkan potensi dakwah mereka secara positif. Dakwah menjadi aspek penting dalam kehidupan keagamaan yang memerlukan perhatian, terutama di lingkungan pendidikan tinggi. Aktivitas dakwah membantu membentuk identitas keagamaan dan spiritual mahasiswa, termasuk mahasiswa Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia (IAI AL AZIS) Program Studi Manajemen Dakwah angkatan 2019. Penelitian ini bertujuan menganalisis peranan perguruan tinggi dalam mengembangkan potensi dakwah mahasiswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan perguruan tinggi berperan penting melalui organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Manajemen Dakwah (HIMMA MD). Dukungan institusional, kegiatan terstruktur, dan partisipasi mahasiswa menjadi kunci keberhasilan. Kegiatan dakwah di luar kampus juga berkontribusi dalam pengembangan kapasitas mahasiswa sebagai pendakwah. Namun, hambatan seperti keterbatasan waktu, tantangan komunikasi, dan resistensi memerlukan sinergi antara institusi, mahasiswa, dan pihak eksternal untuk diatasi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abd. M. Qodaruddin. (2015). Implementasi Al-Hikmah dalam Metode Dakwah di Surah An-Nahl Ayat 125. Alamtara : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Abdul Ghani, M. Z. (2023). Parameter Penulisan Wasatiyyah Pendakwah untuk Menangani Ekstremis Melayu Muslim Menerusi Media Sosial. Islamiyyat, 45(1), 161–172.

Afandi, A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Antika, M. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas XI di SMAN 6 Bengkulu Tengah. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Fadilah, A. A. (2021). Implementasi Program Pemberdayaan Ekonomi Mikro Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LAZISMU) guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Dakwah Bil Hal. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

Mahri, H. (2013). Urgensi Pendidikan dalam Mengembangkan Potensi Diri Anak. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 275-286.

Paola Ricchiardi, F. E. (2018). Soft Skill Assessment in Higher Education. LED Edizioni Universitarie.

Sudaryono, S. (2019). Kepribadian kaum beriman dalam Al-Qur’ān : studi analisis penafsiran Ibnu Katsir, Ahmad Musthofa Al-Maraghi, dan Quraish Shibah terhadap QS. Al-Furqān ayat 63-77. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Syamsir, S. (2014). Public service motivation and socio demographic antecedents among civil service in Indonesia. Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 21(1), 4.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

ANALISIS PERANAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DAKWAH MAHASISWA. (2025). Journal of Islamic Studies, 2(4), 394-402. https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.096

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 39

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.