PENGARUH DAKWAH PADA AKUN TIKTOK @KADAMSIDIK00 TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA IAI AL-AZIS ANGKATAN 9

Penulis

  • Azkah Riskiyah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Sudirman Tebba Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Wiena Safitri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.074

Kata Kunci:

aplikasi tiktok, interaksi sosial, pesan dakwah

Abstrak

Aplikasi TikTok memiliki daya tarik yang tinggi di kalangan masyarakat sebab dengan video-video yang diunggah oleh para pengguna akun TikTok menampilkan video yang menarik. Salah satu pendakwah muda yang bernama husain husyaiban atau dengan akun TikTok @kadamsidik00 menjadi salah satu pendakwah yang aktif memanfaatkan media sosial TikTok dan berinteraksi dengan para mad’u. Husain mengunggah konten dakwahnya pada akun @kadamsidik00 sejak Maret 2020 dan saat ini memiliki followers 6 juta dengan 404.5 juta likes.Peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif, dengan metode Statistik Inferensial Parametik. Sampel 51 mahasiswa IAI AL-AZIS Angkatan 9. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian dengan teknik analisis Pearson Correlation (Product Moment) menunjukkan nilai signifikansinya adalah 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang memiliki arti bahwa terdapat hubungan antara dakwah dengan interaksi sosial pada mahasiswa IAI AL-AZIS Angkatan 9. Hasil analisis regresi Unstandardized Coefficient dapat diketahui nilai B yaitu 0,858 yang artinya variabel Y akan mengalami penurunan. Nilai koefisien determinasi nilai (R Square) sebesar 0,522 atau 52,2% menunjukkan, bahwa R2 sebesar 52,2% interaksi sosial yang dipengaruhi oleh dakwah, maka terdapat faktor-faktor lain yang menjelaskan interaksi sosial selain dakwah yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Desviana. 2021. “Pengaruh Intensitas Mengakses Akun TikTok Dakwah @Basyaman00 Terhadap Sikap Keberagamaan.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Elvinaro, A. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Fahrurrozi, Faizah, and Kadri. 2019. Ilmu Dakwah. eds. Wawan Junaidi and Iklilah Muzayanah DF. PRENADAMEDIA GROUP.

Musdalifah, Intan, and Nikmah Hadiati Salisah. 2022. “Cyberdakwah: Tiktok Sebagai Media Baru.” KOMUNIDA : Media Komunikasi dan Dakwah 12(2): 176–95.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial Prespektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. ed. Nunik Siti Nurbaya. Simbiosa Rekatama Media.

Nisa, Aden, Sendi Dwi Harya P, and Yuna Adelia P. 2022. “Halilibor Terhadap Sikap Dan Perilaku.” 2(3): 338–45.

Putri, Elsa Carinta. 2018. 8 Repository Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Efektivitas Dakwah (Studi Kasus: Instagram @Nunuzoo).

Qudratullah, and Wandy. 2019. Dakwah Dan Komunikasi: Konsep Dan Perkembangan. ed. M.Pd. Andriyanto, S.S. Lakeisha.

Ridla, M. Rosyid, Afif Rifa’i, and Suisyanto. 2017. Metode Dakwah Pengantar Ilmu Dakwah: Sejarah, Perspektif, Dan Ruang Lingkup. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29320.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-16

Cara Mengutip

PENGARUH DAKWAH PADA AKUN TIKTOK @KADAMSIDIK00 TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA IAI AL-AZIS ANGKATAN 9. (2024). Journal of Islamic Studies, 2(2), 142-153. https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.074

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 55

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.