IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN KANAL YOUTUBE LOGNEWSTV SEBAGAI SARANA DAKWAH

Penulis

  • Mulyana Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Ahmad Asrof Fitri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Sobirin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.098

Kata Kunci:

fungsi manajemen, akun YouTube, media dakwah

Abstrak

Pesatnya perkembangan media sosial menjadikan YouTube sebagai platform yang strategis dalam penyebaran dakwah, namun keberhasilan penggunaannya sangat bergantung pada efektivitas pengelolaan konten, mulai dari tahap perencanaan, produksi, distribusi hingga evaluasi. Artikel ini mengkaji efektivitas implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan kanal YouTube LognewsTV sebagai sarana dakwah di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan LognewsTV sebagai media dakwah serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan, melibatkan tiga informan utama yang berperan langsung dalam pengelolaan kanal tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim LognewsTV telah berhasil menerapkan fungsi-fungsi manajemen dengan baik, terutama dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan konten dakwah yang konsisten. Meski menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia dan perubahan algoritma YouTube, penggunaan data analitik membantu tim dalam menyesuaikan strategi konten dengan preferensi audiens. Fleksibilitas dan dedikasi tim menjaga kualitas serta keberlanjutan konten, sehingga pengelolaan kanal YouTube LognewsTV dinilai efektif dalam menyampaikan pesan dakwah di era digital.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif. St. Louis. Retrieved from https://www.proquest.com/working-papers/buku-metode-penelitian-kualitatif/docview/2623783889/se-2?accountid=215586

Creswell, J. W. (2023). Generating metainferences in mixed methods research: A worked example in convergent mixed methods designs. Sage Publications, 16(3). Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/generating-metainferences-mixed-methods-research/docview/2895756753/se-2?accountid=215586

Dewanto, F. B., Febrian, M. H., Amir, M. R., Farida, I., & Prawira, A. (2023). Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. JURNAL MANEKSI, 709-715.

Dinillah, M. H., Abdurrazaq, M. N., & Sobirin. (2022). Manajemen Masjid dalam Memakmurkan Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu di Bidang Imarah. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dakwah, 02(02), 44-56. doi:https://doi.org/10.53888/alidaroh.v2i2.514

Halim, I. (2022). Berfikir Kreatif Dan Menerapkan Manajemen Pemasaran Bank Syariah. St. Louis. Retrieved from https://www.proquest.com/working-papers/berfikir-kreatif-dan-menerapkan-manajemen/docview/2667621050/se-2?accountid=215586

Husna, N. (2021). Metode Dakwah Islam dalam Perspektif Al-Quran. SELASAR KPI : Referensi Media Komunikasi dan Dakwah, 97-105.

Nurhamna. (2022). Prinsip - prinsip manajemen dalam konsep al-qur'an dan hadits. St. Louis. Retrieved from https://www.proquest.com/working-papers/prinsip-manajemen-dalam-konsep-al-quran-dan/docview/2643846221/se-2?accountid=215586

PPM SoM. (2022, September 8). Fungsi Manajemen: Pengertian dan Contoh. Retrieved Oktober 9, 2024, from https://ppmschool.ac.id/fungsi-manajemen/#:~:text=5%20Fungsi%20Manajemen,-Jika%20ditanya%20jelaskan&text=Fungsi%20tersebut%20telah%20disebutkan%20oleh,manajemen%20yang%20penting%20untuk%20diketahui.

Riyanto, A. D. (2023, April 18). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. Retrieved from andi.link: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/#:~:text=Data%20(Tren)%20Pengguna%20Internet%20dan%20Media%20sosial%20di%20Indonesia%20Tahun,%2C4%25%20dari%20total%20populasi)

Taufikurrahman, & Setyowati, E. (2024). Sistem Komunikasi Dakwah di Era Digital Melalui Instagram, Tiktok, Youtube. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 103-116.

Wahyuni, S. (2022). Konsep Manajemen Secara Umum dan Islam. St. Louis. Retrieved from https://www.proquest.com/working-papers/konsep-manajemen-secara-umum-dan-islam/docview/2643839375/se-2?accountid=215586

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN KANAL YOUTUBE LOGNEWSTV SEBAGAI SARANA DAKWAH. (2025). Journal of Islamic Studies, 2(4), 411-418. https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.098

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 59

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.