PENGARUH GAYA KOMUNIKASI DOSEN TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA LULUS TEPAT WAKTU
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.081Kata Kunci:
Gaya Komunikasi, Motivasi, Lulus Tepat WaktuAbstrak
Kurangnya motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa dapat mempengaruhi pencapaian tujuan perkuliahan, sehingga mahasiswa tidak memiliki target untuk lulus tepat waktu. Dalam hal ini, gaya komunikasi dosen merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) ada atau tidaknya hubungan antara gaya komunikasi dosen dan motivasi mahasiswa lulus tepat waktu; (2) seberapa besar pengaruh gaya komunikasi dosen terhadap motivasi mahasiswa lulus tepat waktu. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan teknik kuesioner. Uji korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel, dan uji regresi linier digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pada variabel bebas terhadap variabel terikat, dengan sampel berjumlah 55 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sedang dan positif antara gaya komunikasi dosen dan motivasi mahasiswa lulus tepat waktu, dengan nilai korelasi sebesar 0,429 dan signifikansi di bawah 0,05. Selain itu, gaya komunikasi dosen berpengaruh signifikan terhadap motivasi mahasiswa lulus tepat waktu, dengan koefisien determinasi sebesar 18,4%.
Unduhan
Referensi
Asip, M., & dkk. (2022). Komunikasi Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia.
Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Halim, A. (2023). Analysis of the Level of Student Satisfaction with Online Lectures During the Pandemic in Terms of Gender. Fisika.
Hoboken. (2020). Technical Specifications on a Randomisation of Sampling for the Purpose of Antimicrobial Resistance Monitoring From Food-Producing Animals and Food as From 2021. EFSA Journal.
Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Saebani, & Maryono. (2019). Gaya Komunikasi Pendidik dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Al-Firdaus Mertoyudan dan MTS Mamba'ul Hisan Kabupaten Magelang. Tarbiyatuna, 69-71.
Sugiyono. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Unardjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Unika Atma Jaya.
Valantinaite, I., & Navickiene, &. V. (2024). The Phenomenon of Lecturer Competences as a Prerequisite for the Advancement of Sustainable Development Ideas in the Context of Student-Centred Studies. Sustainability.
Wisataone, V. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Banten: Media Sains Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.