TEKNIK KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SANTRI MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN MA’HAD AL-ZAYTUN

Penulis

  • Faradhiyah Hasni Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Muhammad N. Abdurrazaq Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.035

Kata Kunci:

Teknik Komunikasi, Tahfidz, Santri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik komunikasi yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan tahfidz Al-Quran pada santri madrasah ibtidaiyah kelas 5 Mahad Al-Zaytun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dengan pendekatan penelitian analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 santri kelas 5 dan 10 pembina tahfidz. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil yang diperoleh oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pembina menerapkan empat teknik komunikasi yakni, teknik informatf, persuasive, instruktif/koersif, dan hubungan manusiawi. Sehingga pembinaan dapat berjalan dengan efektif, efesien dan intensif. Hal ini terlihat dari intensitas komunikasi yang dilakukan setiap hari bertemu dan diterapkan dalam pembinaan tahfidz yang menghasilkan feedback langsung dari komunikan (santri) baik berbentuk Tindakan secara langsung ataupun santri memberikan tanggapan langsung mengenai materi tahfidz yang diampaikan oleh pembina. Dari penelitian juga diperoleh faktor pendukung teknik komunikasi dalam tahfidz Al-Quran yaitu dukungan lingkungan, motivasi, pengetahuan dan pemahaman. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya tenaga pengajar, terdapat santri yang kurang lancar dalam membaca Al-Quran, serta santri kurang memaksimalkan waktu

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Agustina, M., Yusro, N., & Bahri, S. (2020). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1-17.

Arifin, Bambang Samsul. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Emda. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2): 172-182.

Romadhoni, L. C., Asmony, T., & Suryatni, M. (2015). Pengaruh beban kerja, lingkungan kerja, dan Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pustakawan di Kota Mataram. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 3(2), 125-145.

Saeful. (2019). Pengaruh Bimbingan Praktik Tilawah Terhadap Motivasi Menghafal Al Qur'an. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Konseling dan Psikoterapi Islam, 7(2): 225-248.

Rahman, A. (2013). Konsep Pendidikan Islam Masa Rasulullah dan Sahabat. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 1(1), 108-119.

Sakban, S. A., Maya, R., & Priyatna, M. (2019). Peran Mudarris Tahfizh Alquran dalam Meningkatkan Motivasi Santri Menghafal Alquran di Pesantren Tahfizh Husnul Khotimah Cipanas Tahun 2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 100-113.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuanlitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-06

Cara Mengutip

TEKNIK KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SANTRI MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN MA’HAD AL-ZAYTUN. (2024). Journal of Islamic Studies, 1(4), 441-447. https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.035

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 56

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.