PESAN MORAL DALAM LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA 3 STANZA DAN RESPON CIVITAS MAHAD AL-ZAYTUN (Analisis Teori Semiotika Ferdinand De Saussure)

Penulis

  • Maharani Amelia Putri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Ahmad Asrof Fitri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Elang Bakhrudin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i6.117

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pesan moral yang terkandung di dalam lirik lagu Indonesia Raya 3 stanza; (2) Mengetahui pandangan dan respon civitas Mahad Al-Zaytun terhadap pesan moral yang terkandung dalam lagu Indonesia Raya 3 stanza. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif dan studi kepustakaan dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori Semiotika Ferdinand De Saussure Analisis semiotika bertujuan untuk menemukan makna tanda dan Model Stimulus Organism Response (S-O-R) menunjukkan bahwa komunikasi adalah proses aksi dan reaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza mengandung pesan moral yang mencerminkan nilai-nilai luhur sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia, antara lain: cinta tanah air, kebanggaan nasional, persatuan, kesetiaan, pengorbanan, rasa syukur, penghargaan terhadap budaya, semangat kebangsaan, kemandirian, kesejahteraan, serta keberanian dan keteguhan. Kedua Pandangan dan respon civitas terhadap lagu Indonesia Raya, bahwa Civitas menghargai lagu "Indonesia Raya" sebagai simbol kebangsaan yang kuat, memupuk semangat nasionalisme dan cinta tanah air. Lagu ini tidak hanya bersifat seremonial tetapi juga menginspirasi optimisme, toleransi, dan tanggung jawab dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, tercermin dalam kehidupan akademik dan kegiatan lintas agama di Ma’had Al-Zaytun.

Kata Kunci: Semiotika, Lagu, Kebangsaan, Pesan Moral

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Cahya, Asep Tian Dwi, Riana Dwi Lestari, dan Ika Mustika. “Analisis Makna Lagu "Lihat,Dengar,Rasakan" Dari Sheila On 7 Menggunakan Pendekatan Semiotika.” Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2021: 67-68.

Fai. Metode Penelitian Kualitatif . Minggu Desember 2022. https://umsu.ac.id/metode-penelitian-kualitatif-adalah/ (diakses Mei Rabu, 2024).

Ghani, Mohamad Zulkifli Abdul. “ "Parameter Penulisan Wasatiyyah Pendakwah untuk Menangani Ekstremis Melayu .” " ISLĀMIYYĀT,, 2022:: 2.proquest.

Ibrahim, Faridah. “"Bahasa Komunikasi Visual Dan Pengantaraan Produk: Satu Analisis Semiotik." Journal of Language Studies , , 2012: 2. Proquest

Irhamurrahman , Muhammad, dan Rina Juwita. “Analisis Semiotika Makna Motivasi dalam Lirik Lagu “1-800-273-8255” Karya Logic.” Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi, 2024: 480

Lestari, Puspita Dwi. “Lagu-Lagu Karya W.R. Soepratman Dalam Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan Tahun 1926-1938.” Jurnal Pendidikan Sejarah, 2014.

Mansur, Hamsi. “"Development of Inclusive Education Learning Design in the Era.".” sosial sciences, , 2022: 2.proquest.

Mihsan , Adisya Alonia. “Analisis Semiotika Makna Pesan Moral Dalam Lirik Lagu BTS (Bangtan Boys)Berjudul ‘SO WHAT’.” Repository UIN Raden Intan Lampung, 2022.

Simanullang, Drs. Ch. Robin. Al-Zaytun Sumber Inspirasi. Jakarta: Pustaka Tokoh Indonesia, 2015.

Sugiyono. metode kualitatif dan kuantitatif. Bandung: ALFABETA,cv, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

PESAN MORAL DALAM LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA 3 STANZA DAN RESPON CIVITAS MAHAD AL-ZAYTUN (Analisis Teori Semiotika Ferdinand De Saussure). (2025). Journal of Islamic Studies, 2(6), 633-644. https://doi.org/10.61341/jis/v2i6.117

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>