Makna dalam Konteks: Integrasi Teori Referensial, Struktural, dan Kognitif untu Pragmatik pada Ungkapan dalam Kehidupan Sehari-hari

Penulis

  • Rizka Al Fajr Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Penulis
  • Maulida Diana Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Penulis
  • Martunis Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v3i1.129

Kata Kunci:

makna referensial, makna struktural, makna kognitif, pragmatik, komunikasi sehari-hari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi teori makna referensial, struktural, dan kognitif dalam kerangka pragmatik pada komunikasi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana ketiga teori tersebut saling melengkapi dalam menjelaskan pembentukan dan pemahaman makna ujaran dalam interaksi lisan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan analisis isi kualitatif, di mana data diperoleh dari jurnal ilmiah, buku, dan dokumen akademik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna dalam komunikasi bahasa Arab tidak hanya bersifat referensial, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh struktur bahasa, proses kognitif, serta konteks pragmatik. Ketiga aspek tersebut saling berinteraksi sehingga makna yang dipahami dalam percakapan sering kali melebihi arti literal kata-kata yang digunakan. Dengan demikian, pemahaman makna dalam komunikasi sehari-hari merupakan hasil integrasi antara makna referensial, struktural, dan kognitif yang berjalan dalam kerangka pragmatik, sehingga makna dapat dipahami secara utuh dan kontekstual.

Kata Kunci: makna referensial, makna struktural, makna kognitif, pragmatik, komunikasi sehari-hari

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ariffianti, I., & Wakhida, K. (2024). Semantik (Makna Referensial dan Makna Nonreferensial). CV. Pilar Nusantara.

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1–9.

Fauzi, A. I., Al-Muhammady, F. H., & Maki, A. (2020). Kajian Bahasa Sastra Dan Budaya Arab Fenomena Implikatur Percakapan Dalam Film Animasi Salahuddin Al Ayyubi Perspektif Grice (Kajian Pragmatik). Semnasbama IV UM Jilid 1, 392–403.

Ginting, H., & Ginting, A. (2019). Beberapa Teori dan Pendekatan Semantik. 2(2), 71–78.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.

Haula, B. (2020). Metafora Konseptual dala Judul Berita Kontan.Co.Id: Kajian Semantik Kognitif. SUAR BÉTANG, 15, 15—23.

J. Sutomo. (2015). Konteks, Referensi, dan Makna: Kajian Semantik. 26–34.

Kustiawan, W., Siregar, A. S. M. M., Nabila, F., Harahap, K. H., Aini, L., Pulungan, N. L., & Faidah, Y. (2022). Teori-Teori dalam Komunikasi Massa. Jutkel: Jurnal Telekomunikasi, Kendali dan Listrik, 3(2), 41–45.

Matsna, Moh. (2016). Kajian Semantik Arab Klasik dan Kontemporer. Prenada Media.

Mivtakh, B. A. N., & Hum, M. (2020). Sejarah Perkembangan Ilmu Dalalah dan Para Tokoh—Tokohnya. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 87–99.

Nina, Fakhrunnisa, R., Akbar, A. J. S., & Nurjaman4, chsan. (2022). Nilai Moral pada Lirik Lagu Runtah Karya Doel Sumbang Pendekatan Struktural Semantik. urnal Ilmiah Hospitality, 11(2), 1261–1268.

Saehudin, A. (2003). 2. Pragmatik Dalam Pengajaran Bahasa Arab: Survei Terhadap Proses Belajar Mengajar Bahasa Arab Di UIN SYARIF HIDAYATULLAH. Lembaga penelitian UIN Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35372

Suryawin, P. C., Wijaya, M., & Isnaini, H. (2022). Tindak Tutur (Speech Act) dan Implikatur dalam Penggunaan Bahasa. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 34–411.

Tauhid, R. (2020). Dasar-Dasar Teori Pembelajaran. Jurnal PENDAS: Pendidikan Dasar, 1(2), 32–38.

Wahyuni, H., & Setiyawan, A. (2023). Implikatur Percakapan Bahasa Arab antar Tokoh dalam Film Arab Maklum: Kajian Pragmatis. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(2), 221–233. https://doi.org/10.52593/klm.5.2.07

Zakiyah, S. N., & Nur, T. (2021). Ungkapan Metaforis Teks Terjemahan Al-Qur’an Bahasa Sunda Surat Al-Baqarah: Analisis Semantik Kognitif. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 11(1), 18–29.

Zamzamy, M., & Aziz, M. T. (2024). Analisis Pragmatik Bahasa Arab: Implikasi untuk Pengajaran dan Komunikasi. JAMBURA ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL, 5(1), 21–29.

Zulkiflih, & Fitria. (2023). Studi Makna Teks Bahasa Arab dalam Teori Kontekstual/Study of the Meaning of Arabic Texts in Contextual Theory. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 111–124. https://doi.org/10.36915/la.v4i1.64

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Makna dalam Konteks: Integrasi Teori Referensial, Struktural, dan Kognitif untu Pragmatik pada Ungkapan dalam Kehidupan Sehari-hari. (2025). Journal of Islamic Studies, 3(1), 65-74. https://doi.org/10.61341/jis/v3i1.129

Artikel Serupa

11-20 dari 39

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.