KONSTRUKSI MAKNA HIJAB DAN PERANNYA SEBAGAI MEDIA DAKWAH
Studi Fenomenologi Mahasiswi Fakultas Dakwah IAI AL-AZIS Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.033Kata Kunci:
Konstruksi Makna, Hijab, Media Dakwah, FenomenologiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna hijab dan perannya sebagai media dakwah bagi mahasiswi Fakultas Dakwah IAI AL-AZIS Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 mahasiswi Fakultas Dakwah tahun 2019 dengan 5 sampel mahasiswi pengguna hijab modis dan hijab syar’i. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna hijab bagi mahasiswi IAI AL-AZIS angkatan 2019 adalah hijab sebagai pelindung dan penanda identitas perempuan muslim yang taat. Pemahaman tentang makna hijab bagi mahasiswi Fakultas Dakwah IAI AL-AZIS tahun 2019 sesuai dengan ajaran Islam yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Sunah. Meskipun, praktik berhijab sebagian besar mahasiswi tidak sesuai dengan pemahamannya terhadap hijab. Hijab berperan sebagai media dakwah yang memiliki fungsi sebagai penutup, simbol identitas, dan inspirasi ketaatan. Hijab juga berperan sebagai media yang menyebarkan pesan-pesan dakwah, yakni pesan keagamaan, citra diri, penghormatan diri, dan ketaatan yang tidak menjadi penghalang bagi muslimah dalam beraktivitas.
Unduhan
Referensi
Az Zahra, Fatimah. 2018. “Fenomena Hijab Modis Dan Hijab Syar’i (Studi Fenomenologi Di Kalangan Mahasiswi Universitas Muslim Indonesia Makassar).” http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/12360.
Budiastuti. 2012. FISIP UI “Jilbab Dalam Perspektif Sosiologi Studi Pemaknaan Jilbab Di Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta.”
Budiono, Taruna. 2013. “Pemaknaan Tren Fashion Berjilbab Ala Hijabers Oleh Wanita Muslimah Berjilbab Mengkomunikasikan.”
Jasmani. 2013. “Hijab Dan Jilbab Menurut Hukum Fikih.” Al-‘Adl 6(2): 62–75.
Kemenag. 2022. Quran Kemenag. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan mushaf Al-Qur’an Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal.
Nurfaisah. 2021. “Persepsi Remaja Tentang Penggunaan Jilbab Syar’i Dan Implikasinya Terhadap Perilaku Remaja Di Kelurahan Bonto Kio Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep.”
Perkasa, Syahdad et al. 2017. “Analisis Penggunaan Fashion Androgini Sebagai Media Komunikasi Di Kota Denpasar.” E-Jurnal Medium 1(1): 1–11.
Pervez, Saulat. 2015. “Hijab In Islam: Modesty, Humility and Dignity.” https://www.whyislam.org/hijab-in-islam-modesty-humility-and-dignity/ (July 26, 2023).
Stannard, Casey R., and Saiful Islam. 2021. “Meanings of Hijab from the Wearers’ Perspective.” : 2005–8.
Sumartono, Sumartono, and Tiara Adornis. 2019. “Konstruksi Makna Hijab Syar’i Di Kalangan Mahasiswa Universitas Ekasakti.” Jurnal Politikom Indonesiana 4(2): 242–59.
Sutiyono. 2011. Fenomenologi Seni: Meneropong Fenomena Sosial Dalam Kesenian. Yogyakarta: Insan Persada.
Trianasari, Fitri. 2021. Tesis Ekspresi Muslimah Berjilbab Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Trisnawati, Tri Yulia. 2016. “Fashion Sebagai Bentuk Ekspresi Diri Dalam Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Dalam Penanaman Akhlak Pada Anak Usia Dini Di Taman Kana.” Jurnal The Messenger 3(2): 36.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.