EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARURROHMAN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.037Kata Kunci:
Problem Based Learning, MatematikaAbstrak
Rendahnya nilai dalam pembelajaran matematika menjadi suatu masalah pembelajaran di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Indramayu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata data pretest sebesar 41,90 dan rata-rata posttest sebesar 84,31 terdapat peningkatan yang signifkan pada rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas IV MI Darurrohman Kertanegara Indramayu. Untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa maka dilakukan uji-t, setelah diuji dengan SPSS versi 25 diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak atau dengan hasil uji-t menggunakan thitung>ttabel yaitu 28.638 > 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Indramayu.
Unduhan
Referensi
Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.
Chatib, M. (2010). Sekolahnya Manusia (Sekolah Berbasis Multple Intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa.
Herdiawan, Langitasari, I., & Solfarina. (2019). Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa konsep Koloid. Jurnal Kimia dan Penddikan.
Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja.
Ngalimun. (2013). Strategi dan Modal Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Pengembangan, T. P. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Syarifuddin. (2017). Perbandingan antara Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Daya Matematis, 5, 31.
Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Yatim, R. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.