UPAYA GURU MENINGKATKAN KEBIASAAN BERBAHASA INDONESIA DENGAN BAIK DANBENAR SANTRI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i6.112Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membiasakan santri kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran strategis sebagai model bahasa, fasilitator, motivator, dan evaluator dalam proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan antara lain dengan membiasakan penggunaan Bahasa Indonesia dalam interaksi sehari-hari, menyediakan media pembelajaran yang bervariasi, serta menciptakan suasana kelas yang kondusif. Faktor internal yang memengaruhi pembelajaran meliputi minat, motivasi, bakat, dan gaya belajar santri, sementara faktor eksternal mencakup lingkungan sekolah dan dukungan keluarga. Meskipun masih terdapat santri yang kurang berminat, keberadaan guru yang aktif dan suportif mampu meningkatkan kebiasaan berbahasa Indonesia santri. Temuan ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara guru, sekolah, dan keluarga sangat penting dalam pengembangan kemampuan berbahasa yang efektif di tingkat dasar.
Kata kunci: Upaya Guru, Kebiasaan Berbahasa, Bahasa Indonesia, Santri
Unduhan
Referensi
Fikriansyah, 2023. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ulubelu Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. JIT: Jurnal Ilmu TarbiyahVol. 2 No. 1, hlm. 73-90.
Yestiani, D.K & Zahwa, Nabila. 2020. Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41-47.
Redzwan , Husna Faredza Mohamed. 2020. Strategi Pengukuran Upaya Berbahasa Menerusi Kesantunan Berbahasa Sebagai Indikator Profesionalisme Guru Pelatih Berasaskan Skala Morfofonetik, Sosiolinguistik dan Sosiopragmatik (Linguistic Politeness As An Indicator Of Trainee Teacher Professionalism: https://www.proquest.com/scholarly-journals/strategi-pengukuran-upaya-berbahasa-menerusi/docview/2581921214/se-2?accountid=215586
Mokoginta, Karmila. 2022. Negotiation in Indonesian Culture: A Cultural Linguistic Analysis of Bahasa Indonesia Textbooks. Theory and Practice in Language Studies, Vol. 12, No. 4, pp. 691-701, April 2022 https://www.prouest.com/scholarly
Putri AK, dkk 2023. Analisis Minat Belajar Bahasa Arab Santri Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol. 6, No. 11, November 2023.
Lestari, S. 2022. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Purbalingga: Reka Media Aksara.
Elfia Sukma Elfia, Syahrul Ramadhanb, Maiza Putri Aldiyahc, Ahmad Johari Sihes. 2023. Challenges in Implementing Indonesian Language Teaching Materials in Elementary Schools. International Electronic Journal of Elementary Education. December 2023, Volume 16, Issue 2. https://www.prouest.com/scholarly
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sulistiyani, Irma. 2023. Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan Volume 3 Nomor 3 Tahun 2023
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. Ke-3. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.