JUAL BELI DIAMOND GAME ONLINE PADA E-COMMERCE DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v1i6.052Kata Kunci:
Jual Beli, Diamond, E-commerce, Perspektif Hukum Ekonomi SyariahAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami mengenai jual beli diamond game online pada e-commerce dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literature dengan metode pengumpulan data berupa metode dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari literatur-literatur seperti buku dan jurnal yang ada kaitannya langsung dengan judul penelitian. Sedangkan data sekunder ini dapat diperoleh melalui kepustakaan lainnya seperti buku, hasil penelitian, jurnal dan artikel yang terkait dan relevan dengan kebutuhan serta memiliki fungsi sebagai pelengkap. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam perspektif hukum ekonomi syariah transaksi jual beli pada dasarnya merupakan akad yang diperbolehkan, termasuk jual beli secara e-commerce. Dalam perspektif hukum ekonomi syariah pada pelaksanaan jual beli diamond game online dianalogikan dalam akad bai as-salam dan akad istishna yaitu transaksi yang sama-sama menggunakan model pemesanan barang terlebih dahulu. Untuk sah dan kebolehannya belum memenuhi rukun dan syarat jual beli, karena sulit untuk memastikan kejelasan pihak yang melaksanakan pembelian diamond game online sudah cukup usia, sudah mendapatkan izin dari walinya atau sudah cakap hukum. Kecuali, transaksi pembelian diamond game online tersebut dilaksanakan secara offline, tidak menutup kemungkinan transaksi tersebut sah, karena penjual dan pembeli saling mengetahui secara jelas.
Kata Kunci: Jual Beli, Diamond, E-commerce, Perspektif Hukum Ekonomi Syariah
Unduhan
Referensi
Agama, D. (2009). Al-Quran dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan. Jakarta: Lajnah Penthasihan Mushaf Al-Quran.
Amalan, I. A. (2021). Hukum Tentang Jual Beli Skin Pada Game Online Jenis Mobile Legend. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1.
Antonio, M. S. (2001). Islamic Banking dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.
Ascarya. (2011). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Raja Grafindo.
Az-Zuhaili, W. (2011). Fikih Islam Wa Adillatuhu. Jakarta: Gema Insani dan Darul Fikir.
Diphayana, W. (2018). Perdagangan Internasional. Yogyakarta: Deepublish.
Djuwaini, D. (2015). Pengantar Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fatriansyah, A. I. (2020). Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan Volume 5 No 1, 61.
Ghazaly, A. R., Ihsan, G., & Shidiq, S. (2010). Fiqh Muamalat. Bandung: Pustaka Setia.
Haroen, N. (2007). Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Medida Pratama.
Harun. (2017). Fiqh Muamalah. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Idri. (2015). Hadis Ekonomi. Jakarta: Kencana.
Lidyana, N. (2016). Pasar Persaingan Sempurna Dalam Islam. Jurnal Iqtishodiyah Volume 2 No 2, 2.
Lukman, R. (2022, November 20). Pengguna Fitur Jual Beli Diamond di E-Commerce. (V. N. Maulidiawati, Interviewer)
Mardani. (2013). Fiqh Ekonomi Islam: Fiqh Muamalah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nasution, D. S., Aminy, M. M., & Ramadani, L. A. (2019). Ekonomi Digital. Mataram: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram.
Pasaribu, C. (2004). Hukum Perjanjian Dalam Islam. Yogyakarta: Sinar Grafika.
Qal'ahji, M. R. (2009). Urusan Kewangan Semasa Menurut Perspektif Syariah Islam. Selangor: Al-Hidayah Publishers.
Rachmawati, E. N., & Ab Ghani, b. (2015). Akad Jual Beli Dalam Perspektif Fikih dan Praktiknya di Pasar Modal Indonesia. Jurnal Al-'Adalah Volume 12 No 4, 788.
Rahman, M. Z. (2021). Vernakularisasi Tafsir Ayat Suci Lenyepeneun Tentang Jual Beli Dalam QS. Al-Baqarah Ayat 275 dan Relevansinya Terhadap Jual Beli Online. Jurnal Ilmu Al-Quran dan Tafsir Volume 1 No 1, 62.
Rehatalanit, Y. (2016). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri Volume 5, 63.
Rivai, V., & Veithzal, A. P. (2008). Islamic Financial Management: Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rozalinda. (2005). Fiqh Muamalah dan Aplikasinya Pada Perbankan Syariah. Padang: Hayfa Press.
Sabiq, S. (2009). Fiqh Sunnah. Jakarta: Cakrawala Publishing.
Setiawan, Johan, & Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Shobirin. (2015). Jual Beli Dalam Pandangan Islam. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam Volume 3 No 2, 243.
Sudarto. (2018). Ilmu Fikih (Refleksi Tentang: Ibadah, Muamalah, Munakahat dan Mawaris). Yogyakarta: Deepublish.
Sudiarti, S. (2018). Fiqh Muamalah Kontemporer. Sumatera Utara: Febi Uni-Su Press.
Suhendi, H. (2010). Fiqh Muamalah. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Syafei, R. (2001). Fiqh Muamalah. Bandung: Pustaka Setia.
Wakhidah, & Thohari, C. (2018). Jual Beli Online (E-commerce) Ditinjau dari Perspektif Hukum Islam. Jurnal Justisia Ekonomika Volume 2 No 2, 2.
Widjajaatmadja, D. A., & Solihah, C. (2019). Akad Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Dalam Bentuk Akta Otentik Implementasi Rukun, Syarat dan Prinsip Syariah. Malang: Inteligensia Media.
Wijaya, K. K. (2015, Januari 5). Marketplace Gold dan Item Game Online di Indonesia. Retrieved from Techinasia: https://id.techinasia.com/itemku-marketplace-emitemem-dan-uang-game-online-di-indonesia
Yusmad, M. A. (2018). Aspek Hukum Perbankan Syariah Dari Teori Ke Praktik. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Yusuf, M., & Iswandi, I. (Juni 2021). Praktik Jual Beli Jahe Menurut Hukum Islam Studi Kasus di Usaha Dagang Areba Jahe, Jakarta Timur. Jurnal Mizan of Islamic Law Volume 5 No 1, 58.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.