STRATEGI PROGRAM ACARA DAKWAH BR TV DI ERA PERKEMBANGAN INDUSTRI TV DIGITAL

Penulis

  • Nur Hadiid Surachman IAI AL-AZIS Penulis
  • Sudirman Tebba IAI AL-AZIS Penulis
  • Alfi Satria IAI AL-AZIS Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i1.064

Kata Kunci:

Strategi, Program Acara, Dakwah, Televisi Digital

Abstrak

Perkembangan industri dan teknologi sekarang sudah memasuki era digitalisasi yang dimana masyarakat dinilai mampu mengikuti agar tidak tertinggal oleh zaman. Digitalisasi juga berkembang pada bidang industri televisi digital, salah satu televisi lokal yang juga memperhatikan perkembangan digitalisasi yaitu BRTV. Dengan menggunakan berbagai strategi agar masyarakat semakin mudah menonton tayangan program acara dakwah, BRTV hadir sebagai alternatif stasiun televisi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan program acara dakwah BRTV terhadap masyarakat di era TV digital dan  untuk memahami penerapan strategi yang dilakukan program acara dakwah BRTV di era TV digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui teknik observasi, wawancara serta diperkuat dengan hasil dokumentasi yang dilakukan dengan nonprobability sampling. Penulis menggunakan teori strategi program acara dakwah dan manajemen industri media massa dengan fenomena perkembangan industri televisi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Program Acara Dakwah BRTV di Era Perkembangan Industri TV Digital memberikan pemahaman bahwa perusahaan televisi mampu menyuguhkan tayangan yang berkualitas serta dapat memberikan tampilan yang baik bagi masyarakat. Perkembangan pada zaman sekarang mengharuskan perusahaan televisi memiliki strategi agar dapat mempertahankan eksistensi agar menjaga persaingan serta tidak kehilangan pemirsanya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Akbar, Fathul, Fitri, Ahmad Asrof, Abdurrazaq, MN., Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Hannan Attaki dalam Channel Youtube “Motivasi Islam Net” (Studi Kasus Allah Tahu Kapan Kita Bahagia). Journal of Islamic Studies 2 (1), 101-113.

Budiyanti, Quinn Rizqi. (2014). Budiyanti, Q. R. Analisis Program Acara Dakwah Ngobrol Sareng Kang Ustadz di Banten TV. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mubarok & Adnjani, M. D. (2018). Strategi Sosialisasi Migrasi Sistem Penyiaran Analog ke Digital Di Jawa Tengah. Jurnal ASPIKOM, 3(4), 755-766.

Moelong (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Rosdakarya Bandung.

Morissan (2008). Jurnalistik Televisi Mutakhir. Pernada Media Group Jakarta. cet. ke 1 hal. 1.

Morissan M.A. (2008). Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio & Televisi. Prenadamedia Group Divisi Kencana Rawamangun Jakarta. Edisi Pertama Revisi

Mutoyib, Abdul (2021). Manajemen Master Control Room (MCR) Dalam Program Live Musik D’klip di Riau Televisi (RTV). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Prabowo, A. (2012, Januari). Era Penyiaran Digital: Pengembangan atau Pemberangusan TV Lokal dan TV Komunitas?, Jurnal Komunikasi, 1.

Putra, Fahrul Pradhana. (2013). Menuju Indonesia TV Digital 2018: Bisnis vs Regulasi. Semantik, 3(1).

Ramdhan, Muhammad. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rochmah. (2010). Persepsi anggota muslimat NU kota Semarang Tentang Tayangan Infotainment Silet di RCTI. Skripsi, IAIN Walisongo Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-22

Cara Mengutip

STRATEGI PROGRAM ACARA DAKWAH BR TV DI ERA PERKEMBANGAN INDUSTRI TV DIGITAL. (2024). Journal of Islamic Studies, 2(1), 36-50. https://doi.org/10.61341/jis/v2i1.064

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

11-20 dari 46

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.