STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @KOMPASMUDA DALAM MENYAJIKAN KONTEN UNTUK KAUM MUDA
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i3.082Kata Kunci:
media massa, gagasan, produk elektronik, kepemudaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi oleh pengelola akun Instagram @kompasmuda terhadap kaum muda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian menunjukkan, Kompas Muda adalah komunitas media kaum muda dengan audience-oriented. Sebagai komunitas, Kompas Muda melakukan strategi komunikasi, yaitu melibatkan audiensinya untuk berinteraksi. Strategi tersebut salah satunya bertujuan untuk menyajikan konten di media sosial. Kompas Muda membangun citra dengan menyajikan konten yang beragam, seperti pemberitaan yang terkait media Harian Kompas, kegiatan kepemudaan, pendidikan, hingga konten sadar berliterasi, yaitu Muda Berbahasa yang menjadi ciri khasnya dalam menyajikan konten. Kompas Muda terbagi atas beberapa tim, yang terdiri dari Social Media Officer, PIC Desainer. Dalam menyajikan konten, dilakukan riset, produksi, hingga publikasi. Tema konten yang paling banyak menarik perhatian audiensi di antaranya, lowongan pekerjaan, Info Muda yang berisikan berbagai informasi, Muda Berbahasa, konten yang mengandung unsur human interest, serta konten terkait hobi dan hiburan karena dilihat dari jumlah likes dan tanggapan audiensi.
Unduhan
Referensi
Ali, Fithrah Dini Salmiyah dan Aliansyah, Muhammad Rifqi. 2017. “Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Media Instagram (Studi Kasus Forever Young Crew)”, e-Proceeding of Management. Vol. 4, No.3.
Almanshur, Fauzan dan Ghony, M. Djunaidi. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Anwar, Fahmi. 2017. “Perubahan dan Permasalahan Media Sosial”. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol. 1, No. 1.
Bakry, Anjas A. 2016. “Kurasi Digital Untuk Pengarsipan Digital”. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 1, No. 1.
Budio, Sesra. 2019. “Strategi Manajemen Sekolah”. Vol. 2, No. 2.
Contoh Instrumen Penelitian dan Penjelasannya Secara Lengkap
https://karyatulisku.com/contoh-instrumen-penelitian-dan-penjelasannya-secara-lengkap/. [diakses pada 15 Februari 2023 jam 12.37].
Fiske, John. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Kota Yogyakarta: Buku Litera Yogyakarta.
Harahap, M. Said dan Mujahiddin. 2017. “Model Penggunaan Media Sosial di Kalangan Pemuda”. Vol. 1, No. 2: 142-155.
Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
https://korporasi.kompas.id. [diakses pada 19 Agustus 2021 jam 12.00].
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kompas_(surat_kabar). [diakses pada tanggal 19 Agustus 2021, jam 12].
Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget”. Vol. 3, No. 1.
Indraswari, D.L. (2022). Kebiasaan Berbahasa Generasi Muda.
https://www.kompas.id/baca/riset/2022/11/01/kebiasaan-berbahasa-generasi-muda [diakses pada 1 Juni 2023, jam 21:56].
Khan G. F., at el. 2013. “Social Media Risks and Benefits: A Public Sector Perspective”. Vol. 32, 5.
Montalvo, E. Roberto. 2016. “Social Media Management”. Vol. 20, No. 2
Mujahiddin, M.S. Harahap. 2017. “Model Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Pemuda”. Vol. 1, No. 2: 142-155.
Mujiasih, E., & Ratnaningsih, I. Z. (2011). Kepemimpinan Transformasional Employee Engagement. Seminar Nasional Peran Psikologi, Prosiding Strategi Mempersiapkan SDM Bertalenta 2011 (184-4). Universitas Diponegoro.
Mulyana, Deddy. 2010. “Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar”. Cet. XIV: 68-69.
Munarika, Nia (http://repo.iain-tulungagung.ac.id) [diakses pada 23 Agustus 2021 jam 11.04]. (2020).
Muntiani & Permassanty Tanty Dewi. 2018. “Strategi Komunikasi Komunitas Virtual dalam Mempromosikan Tangerang Melalui Media Sosial”. Vol. 21, No. 2: 173-186.
Nugraheni, C.I. (2012). Pengaruh Customer Engagement melalui Media Sosial terhadap Kepercayaan Merek (Studi pada Facebook Sunsilk Indonesia). [Skripsi]. Universitas Indonesia: Depok
Profesi Social Media Officer. https://www.gramedia.com/pendidikan/profesi-social-media- officer/ [diakses pada 5 Juni 2023].
Profil Akun Instagram Kompas Muda https://instagram.com/kompasmuda?igshid=YmMyMTA2M2Y. [diakses pada15 Februari 2023, jam 12.00 dan 11 Juni 2023, jam 22:40].
Profil Kanal Youtube Kompas Muda https://youtube.com/@KompasMudaOfficial. [diakses pada 19 Agustus 2021 jam 12.15].
Rahayu, Muthia & Mahmudah, Siti Muslichatul. 2020. “Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram sebuah Pusat Perbelanjaan”. Vol. 2, No. 1: 1-9.
Rahman, Iik Arif & Panuju Redi. 2017. “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink melalui Media Sosial Instagram". Vol. 16, No. 2: 214-224.
Rhadiatullah, S. H. & Sinulingga, R. F. (2016). “Self Determination pada Relawan Pemberdayaan Pemuda”. Jurnal Diversita, 2 (1).
Sartika, A. 2015“Strategi Komunikasi Komisi Penanggulangan Aids (KPA) dalam Melakukan Sosialisasi HIV/AIDS di Kota Samarinda”. eJournal Ilmu Komunikasi, 3 (1): 17-30.
Siti Muslichatul. 2020. “Pendekatan Komunitas Kompas Muda dalam Kegiatan Marketing Communication Harian Kompas”. Vol. 4, No. 1: 40-49.
Suciati. 2017. Teori Komunikasi dalam Multi Perspektif. Yogyakarta: Buku Litera.
Suradji, Adjie. (2022). “Digital Native dan Media Sosial” www.kompas.id/baca/opini/ [diakses pada 5 Juni 2023, jam 00:12].
“Teori Engagement”. repository.unimar-amni.ac.id5758
UU 40 Tahun 2009 - DPR RI. https://www.dpr.go.id. [diakses pada 17 Februari 2023].
Watie, Errika Dwi Setya. 2011. “Komunikasi dan Media Sosial”. Vol. 3, No.1.
White, Ben & Naafs Suzanne. 2012. “Generasi Antara: Refleksi tentang Studi Pemuda Indonesia”. Vol. 1, No. 2: 89-106.
Widhyharto, Derajad S. 2014. “Kebangkitan Kaum Muda dan Media Baru”. Volume 3, nomor 2.
William M, Pearson O. (2016). Hate Crime and Bullying in the Age of Social Media Conference Report. Cardiff University, England.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.