PENGARUH MEDIA KONKRET TERHADAP KONDISI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Rizal Al Falah IAI AL-AZIS Indramayu Penulis
  • Moch. Hasyim Fanirin IAI AL-AZIS Indramayu Penulis
  • Irvan Iswandi IAI AL-AZIS Indramayu Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v1i5.050

Kata Kunci:

media konkret, kondisi belajar, pembelajaran tematik

Abstrak

Media pembelajaran memainkan peran penting dalam pembentukan kondisi belajar yang efektif di sekolah dasar. Pemilihan media yang tepat memengaruhi minat dan prestasi belajar siswa, terutama ketika menggunakan media benda konkret yang memberikan pengalaman langsung dan membantu dalam perkembangan keterampilan siswa. Guru perlu memahami cara menggunakan media pembelajaran dengan efektif, terutama dalam memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen One Shot Case Study dan melibatkan 26 siswa kelas V sebagai populasi. Hasil uji linearitas dan regresi linear sederhana mengindikasikan dampak positif media benda konkret pada kondisi belajar siswa. Hal ini menegaskan pentingnya pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang lebih efektif. Penggunaan media benda konkret khususnya cocok untuk siswa kelas V dengan fase operasional konkret, menciptakan kondisi belajar yang mendukung pemahaman mendalam dan perubahan perilaku siswa. Penelitian ini fokus pada pengaruh penggunaan media benda konkret dalam konteks pembelajaran di MI Daarul Hikmah Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret memiliki pengaruh positif terhadap kondisi belajar siswa kelas V di sekolah tersebut, dengan peningkatan kondisi pembelajaran tematik sebesar 15,6% setiap kali media ini digunakan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Hasil Pendidikan FKIP. Vol 2 no 1

Hasan, M. et al. (2021). Media Pembelajaran.Tahta Media Group.

Huda, F. A. (2019). Fatkhan.web.id. Retrieved from Pengertian Media Benda Konkret: https://fatkhan.web.id/pengertian-media-benda-konkret/

Magdalena, I., et al. (2021). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Edukasi dan Sains, 315.

Mu'minin, M.I & Humaisi, M.S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa pada MAta Pelajaran IPS Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. Nomor 1 vol 1.

Nengsih, Y. K., Nurrizalia, M., Waty, E. R., & Shomedran. (2021). Buku Ajar Media dan Sumber Belajar Pendidikan Luar Sekolah. Palembang: Bening Media Publish.

Nurfadhillah, et al. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III.

Shoimah, R., & Syafi’aturrosyidah, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Pemahaman Konsep

Yestiani, D.K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-01

Cara Mengutip

PENGARUH MEDIA KONKRET TERHADAP KONDISI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH. (2024). Journal of Islamic Studies, 1(5), 626-637. https://doi.org/10.61341/jis/v1i5.050

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 43

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.