STUDI PREFERENSI DAN PERSEPSI PELAJAR PUTRI TERHADAP POSTER MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI ASRAMA AL-NUR MA’HAD AL-ZAYTUN

Penulis

  • Syahril Fathulloh Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Anjar Sulistyani Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Muhammad N. Abdurrazaq Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.094

Kata Kunci:

preferensi, persepsi, poster, kebersihan lingkungan, komunikasi visual

Abstrak

Kebersihan lingkungan asrama merupakan faktor penting dalam mendukung kesehatan dan kenyamanan santri selama menempuh pendidikan. Namun, kesadaran pelajar putri di Asrama Al-Nur Ma’had Al-Zaytun terhadap kebersihan masih perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk mendukung hal ini adalah penggunaan media edukasi berupa poster yang menarik dan informatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi pelajar putri terhadap elemen visual poster, seperti warna, font, dan komposisi, serta menganalisis persepsi mereka terhadap pesan persuasif yang berisi ajakan menjaga kebersihan lingkungan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pelajar putri di Asrama Al-Nur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelajar lebih menyukai poster dengan warna-warna alam seperti hijau, biru, dan coklat, font modern yang sederhana, serta teks yang jelas dan mudah dibaca. Poster dengan pesan singkat, padat, dan jelas lebih efektif dalam menyampaikan informasi. Namun, efektivitas poster dalam mendorong perilaku berkelanjutan masih memerlukan penguatan melalui inovasi visual dan integrasi dengan program asrama lainnya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Pulihasih et al. (2024). An Introspective Survey of Modern Islamic Boarding School to Increase Health Awareness of Islamic Boarding Schools in Surabaya 1 Introduction Islamic Boarding Schools are One Of The Oldest Islamic Educational Institutions in Indonesia That Have Lived and. 1–17. https://www.proquest.com/docview/3047346550/fulltextPDF/487C328F82B64F4BPQ/2?accountid=215586&sourcetype=Scholarly Journals

Rohman, A. (2020). Upaya Mudabbir (Pembina Asrama Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Modern Arrisalah Program Internasional Slahung-Ponorogo)). An-Nuha, 7(2), 231–248. http://www.jstage.jst.go.jp/article/materia1994/46/3/46_3_171/_article/-char/ja/

Sulistyono, Y. (2016). Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Jurnal VARIDIKA, 27(2), 208–215. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i2.1402

Ervianti. (2018). Pengaruh Presepsi, Preferensi dan Perilaku Konsumen Terhadap Minat Mahasiswa UIN Wallisongo Semarang Menggunakan Jasa Transportasi Go-Jek.

Zafitri, Z. (2020). Strategi komunikasi persuasif pembina dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren ddi takkalasi. 90.

Dewi, R. K. S. (2024). Preferensi Pengunjung Gen Z Perempuan Terhadap Desain Interior Coffee Shop. 8.

Indra Sofyan. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi, Perilaku dan Preferensi Masyarakat Santri Terhadap Perbankan Syari’ah (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Modern Ibadurrahman). 14(5), 1–23.

Mauliza, R. (2016). Manfaat Media Poster Terhadap Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Di Smp Negeri 2 Trumon Timur. 1–23.

Kristian, S. A. W. (2023). Komunikasi Visual sebagai Pendukung Aktivitas Jenama dan Pemasaran Klien Sore Ceria.

Khalim. (2024). Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Pondok dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al Mujaddadiyyah (Vol. 4, Issue 02).

Dianti, Y. (2017). Kewenangan Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pendidikan di Ma’had Al-Zaytun Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu No. 8 Tahun 2015. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 09(8), 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Moreno-Cabanillas, A., Castillo-Esparcia, A., & Gorostiza-Cerviño, A. (2024). Digital Communication and Social Organizations: Evaluation of the Communication Strategies in Spain. Smart Innovation, Systems and Technologies, 375, 319–329. https://doi.org/10.1007/978-981-99-7210-4_30

Selviana, E. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Ponorogo Dalam Mempromosikan Program Tahun Wisata 2019. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

STUDI PREFERENSI DAN PERSEPSI PELAJAR PUTRI TERHADAP POSTER MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI ASRAMA AL-NUR MA’HAD AL-ZAYTUN. (2025). Journal of Islamic Studies, 2(4), 371-384. https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.094

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 35

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.