ANALISIS ISI PESAN DAKWAH DALAM MARS INSTITUT AGAMA ISLAM AL-ZAYTUN INDONESIA (IAI AL-AZIS)

Penulis

  • Adrian Risyad Yusuf Sina Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Ahmad Asrof Fitri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Muhammad N. Abdurrazaq Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.097

Kata Kunci:

pesan, dakwah, musik, mars

Abstrak

Pemanfaatan seni musik dalam dakwah Islam masih menjadi perdebatan. Sebagian pihak menganggap musik bertentangan dengan nilai agama, sementara lainnya memanfaatkannya sebagai sarana pendidikan dan pencerahan spiritual. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami potensi musik sebagai media dakwah dan dampaknya pada interpretasi agama, perilaku sosial, serta pandangan masyarakat. Salah satu contohnya adalah Mars Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia (Mars IAI AL-AZIS), yang termasuk dalam genre "Mars". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam Mars Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) dan apa pesan dakwah paling dominan dalam Mars tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis isi model Miles dan Huberman dan teknik wawancara mendalam dengan lima orang informan (informan pesan dakwah dan informan musik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mars Institut Agama Al-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) mengandung rangkaian pesan dakwah yang tercermin dalam tiap lirik, membentuk jalinan makna yang kaya dan berkelanjutan melintasi dimensi akidah, syari’ah, dan akhlak. Pesan akhlak menjadi pesan dakwah yang paling dominan, yang menandai peran sentral pesan akhlak sebagai pilar inti dalam upaya penyampaian ajaran Islam melalui Mars, serta refleksi nyata dari tekad institusi untuk menciptakan generasi yang bertakwa dan berakhlak mulia.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah (1 ed.). Jakarta: Amzah.

Griffin, E. (2019). A First Look at Communication Theory (10th ed.). Boston: McGraw Hill Education.

Hallam, S. (2010, August 23). The Power of Music: Its Impact on the Intellectual, Social, and Personal Development of Children and Young People. International Journal of Music Education, 28(3), 269-289. doi:https://doi.org/10.1177/0255761410370658

Hardian, N. (2018). Dakwah dalam Perspektif Al-Qur'an dan Hadits. Al Hikmah, 43.

Hargreaves., A. C. (2010). The Social and Applied Psychology of Music. British Journal of Music Education.

Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian beserta Contoh Proposal Kualitatif (2 ed.). Bandung: Alfabeta.

Ilaihi, W. (2010). Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kamri, & Ramlan. (2015). The Application of Ḥabl Min Allāh and Ḥabl Min Al- nās Elements in Islamic Code of Ethics: an Exploratory Case Study. International Journal of Economics, Management and Accounting, 23(1), 57-58.

Munir, M. (2006). Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

Schwandt, & Lamb. (1980). "March". Dalam The New Grove Dictionary of Music and Musicians (Vol. 12, hal. 537-543). London Macmillan Publisher Limited.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Whitwell, D. (2004). Marching Music: History, Technique, and Repertoire.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

ANALISIS ISI PESAN DAKWAH DALAM MARS INSTITUT AGAMA ISLAM AL-ZAYTUN INDONESIA (IAI AL-AZIS). (2025). Journal of Islamic Studies, 2(4), 403-410. https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.097

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

11-20 dari 34

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.