PERSEPSI REMAJA KECAMATAN SAWANGAN TERHADAP KONTEN DAKWAH DI AKUN INSTAGRAM @USTADZABDULSOMAD_OFFICIAL
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v3i1.126Kata Kunci:
Media Dakwah, Instagram, Persepsi, RemajaAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi remaja terhadap konten dakwah di akun Instagram @ustadzabdulsomad_official serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Di tengah masifnya penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah, pemahaman terhadap penerimaan audiens muda menjadi sangat penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap 10 informan remaja di Kecamatan Sawangan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja memandang konten dakwah Ustadz Abdul Somad secara positif, karena disampaikan secara ringkas, jelas, dan mudah dipahami. Konten tersebut dinilai berhasil menambah wawasan keagamaan, khususnya terkait pentingnya menjaga hati dari sifat iri dan dengki. Faktor internal yang paling berpengaruh terhadap persepsi remaja adalah preferensi terhadap stimulus audiovisual (melihat dan mendengar) serta ketertarikan pada konten yang memadukan humor dan pesan motivasi. Temuan ini menunjukkan bahwa efektivitas dakwah digital bagi remaja sangat ditentukan oleh gaya penyampaian yang ringkas dan menghibur, sesuai dengan preferensi sensorik dan minat mereka.
Kata Kunci: Media Dakwah, Instagram, Persepsi, Remaja
Unduhan
Referensi
Arista, F. D., Elsa, R., Razzaq, A., & Nugraha, M. Y. (2025). Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Dakwah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Agama Pada Gen Z. NAAFI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(4), 412–420.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.
NapoleonCat. (2022, December). Instagram users in Indonesia. Diakses 9 Februari 2023, dari https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2022/12/
Nasrulah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Ningrum, C. A. T., & Ridwan, M. H. (2025). Microlearning in Bahasa Indonesia: Potential and Challenges in Facing The Bored Generation Z. Jurnal Paedagogy, 12(2), 263-272
Nisa, A. H., Hasna, H., & Yarni, L. (2023). Persepsi. Koloni, 2(4), 213-226.
Nurrahmi, F., & Farabuana, P. (2020). Efektivitas Dakwah Melalui Instagram. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 1-16.
Rahmah, N. R., Sayyid A. A., Muhammad S., Nurkhofifah N., Neiva Z. H. S., & Haidar S. A. (2025). Efektivitas Konten Edukasi Keislaman di Platform Media Sosial: Analisis Resepsi Khalayak Generasi Z. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 275–295.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Pustaka Setia.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.