ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH MENURUT BSNP
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v1i6.060Kata Kunci:
Analisis, Buku Teks Bahasa Arab, Kurikulum Madrasah 2019, BSNPAbstrak
Buku teks merupakan salah satu instrumen penting untuk menghasilkan output pendidikan yang berkualitas, karena dengan adanya buku, pelaksanaan pendidikan dapat berjalan dengan lebih lancar dan terarah. Kriteria buku teks yang baik menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), harus memenuhi empat unsur kelayakan, meliputi isi, penyajian, bahasa, dan grafik. Tujuan penelitian ini menganalisis kelayakan buku teks yang berfokus pada dua aspek yakni kelayakan isi dan bahasa pada buku berjudul “Ayo Memahami Bahasa Arab” untuk kelas VII MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Dalam pengumpulan data peneliti mencari informasi kepustakaan mengenai hal-hal yang ada relevansinya dengan buku teks yang dianalisis. Data primer yaitu buku teks berjudul “Ayo Memahami Bahasa Arab” untuk kelas VII MTs dan data sekunder yaitu data-data yang diambil dari berbagai sumber pada artikel jurnal dan buku-buku serta dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan isi dan bahasa buku teks sudah sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan. Buku teks tersebut sudah memenuhi kelayakan isi meliputi aspek materi, kelayakan dengan KI-KD, kelengkapan materi, keluasan materi, kedalaman materi, dan keakuratan materi.
Unduhan
Referensi
Darmalaksana, W. 2020. Cara Menulis Proposal Penelitian. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmiyati, E. D. dkk. 2021. Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika Dalam Penelitian (Vol. 314). Jakarta: Bumi Aksara.
Faridah Alawiyah, 2017. Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah, Edukasi, 1.
Fauzia, M. 2019. Penggunaan Teknik Permainan Berburu Tarkib Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib. Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(1), 1-13.
Furoidah, A. 2020. Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77.
Handayanti, R., dkk. 2021. Studi Analisis Kesesuaian Buku Teks Kimia Siswa SMA Negeri Kota Bengkulu Berdasarkan Standar BSNP. Alotrop, 5(1), 82-87.
Hidayatulloh, M., dkk. 2022. Studi Komparasi Kma No. 183 Tahun 2019 Dengan Kma No. 165 Tahun 2014 Tentang Pedoman Kurikulum 2013 Materi PAI Dan Bahasa Arab. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2 (1), 16-24.
Hidayanti, R. 2020. Analisis Kelayakan Isi, Penyajian, Bahasa Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA/MA Kelas X. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha.
Husna, N. 2019. Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Kelas XI. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V, 5(1), 198-203.
Irma, C. N. 2022. Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1), 32-42.
Jannah, M., & Junaidi, J. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 191-198.
Juhroh, J. 2019. Analisis Kesesuaian Buku Paket Siswa Tema Selalu Berhemat Energi antara Materi dengan Evaluasi. Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN.
Marufah, N., dkk. 2020. Degradasi Moral sebagai Dampak Kejahatan Siber pada Generasi Millenial di Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191-201.
Nuris, I. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Pembelajaran Imla’bahasa Arab Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas XA Ma Al-Mustaqim Parepare Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Biharul Ulum Ma'Arif, 6(2), 1455-1465.
Purba, R. A. Dkk, 2020. Teknologi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rosyid. M. Z. dkk, 2021. Ragam Media Pembelajaran. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi
Rofidah, R., Junus, M., & Hakim, A. 2020. Analisis Perbandingan Buku Teks Fisika Siswa SMA Kelas XI Antara Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Buku Non BSE Ditinjau Pada Komponen Kelayakan Isi, Penyajian Materi Ajar, Penyajian Pembelajaran, dan Kebahasaan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 97-104.
Runtunuwu, P. C. 2021. Metodologi Penelitian. Jakarta: Insan Cendekia Mandiri
Salim, dkk. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Syamsul. H. 2018. Kata-kata Arab dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gadjah Mada University Press.
Ulfa, T. 2021. Tinjauan Terhadap Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar di Kabupaten Lampung Selatan (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Utari, Y. L., Deskoni, D., & Koryati, D. 2018. Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Ekonomi Sma Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(2), 155-171.
Yanti, Y. dkk. 2019. Pengertian, Jenis-jenis, Dan Karakteristik Bahan Ajar Cetak Meliputi Hand Out, Modul, Buku (diktat, Buku Ajar, Buku Teks), LKS Dan Pamflet.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.