PEDAGOGI SUNNAH NABAWIYYAH: MENGUKIR GENERASI UNGGUL MELALUI PENDIDIKAN BERKUALITAS

Penulis

  • Muhammad Raffin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penulis
  • Diah Ramadhani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penulis
  • Tasya Salsabilla Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i1.07169

Kata Kunci:

Pendagogi, Sunnah, Kualitas, Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini merinci peran penting Pendidikan Berbasis Sunnah Nabawiyyah dalam membentuk karakter dan potensi individu. Fokusnya terletak pada pendidikan sebagai pilar utama pembentukan, dengan Pedagogi Sunnah Nabawiyyah sebagai panduan dari ajaran Rasulullah. Tujuannya adalah menganalisis dampak penerapan Pedagogi Sunnah Nabawiyyah dalam sistem pendidikan, dengan penekanan pada pembentukan generasi unggul. Pentingnya integrasi nilai-nilai keislaman dalam pendidikan menjadi sorotan utama, dan penelitian ini mencoba merinci bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum dan praktik pendidikan sehari-hari. Identifikasi hambatan dalam implementasi Pedagogi Sunnah Nabawiyyah dilakukan, dan solusi konkretnya diajukan. Dengan mengeksplorasi dampak positif penerapan Pedagogi Sunnah Nabawiyyah, penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi berharga terhadap cara membentuk generasi unggul melalui pendidikan berbasis nilai-nilai keislaman. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi landasan ilmiah yang kokoh untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih baik, memastikan penerapan pedagogi sesuai dengan tuntunan agama. Metode studi pustaka digunakan untuk mendalami konsep Pedagogi Sunnah Nabawiyyah, dengan kategori studi pustaka mencakup analisis literatur pendidikan Islam, kajian literatur pendidikan berkualitas, analisis literatur kurikulum, dan literatur implementasi Pedagogi Sunnah. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan wawasan mendalam tentang kontribusi Pedagogi Sunnah Nabawiyyah terhadap pendidikan Islam yang berkualitas.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Aditiya, Novela, and Sutrisno Sutrisno. 2022. “Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Berbasis Kegiatan Sunnah Rasululllah Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6 (2): 74. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.780.

Akip, Muhamad. 2019. “Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an Dan As-Sunnah.” EL-Ghiroh 16 (01): 131–43. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.78.

Alghifary Slamet, Ubaidillah, Syahida Rena, and Ine Ratu Fadhilah. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran Dan as-Sunnah: Studi Kasus Kelas 6 SD Al-Wildan Islamic School (Nurul Islam) Tangerang.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 6 (1): 39. https://doi.org/10.33511/misykat.v6n1.39-65.

Alwi, Zulfahmi, Rahman Rahman, Zikri Darussamin, Darusman Darusman, and Ali Akbar. 2023. “Yusuf Al-Qardhawi’s Methodological Reformulation of Hadith Thought and Its Influence on the Development of Hadith Science: An Analysis in the Book of Kaifa Nata’amal Ma’a Al-Sunnah Al-Nabawiyyah.” International Journal of Islamic Thought and Humanities 2 (1): 88–106. https://doi.org/10.54298/ijith.v2i1.81.

Anwar, Hairil, Ika Safitri Windiarti, and Haryadi Haryadi. 2023. “PENGEMBANGAN APLIKASI TUNTUNAN SHALAT FARDHU DAN SHALAT SUNNAH BERBASIS MOBILE.” Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi 5 (2): 1–6. https://doi.org/10.33084/jsakti.v5i2.5092.

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. 2022. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3 (01): 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951.

Awaluddin, Asep. 2020. “URGENSI AHLU SUNNAH WAL JAMA’AH DAN PENDIDIKAN KEBANGSAAN (Tinjauan Atas Qonun Assasy Ahlu Sunnah Wal Jama’ah Karya Rois Akbar Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy’ari).” Muslim Heritage 5 (2): 344. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v5i2.2301.

Busthami, Syarif Hidayat. 2018. “PENDIDIKAN BERBASIS ADAB MENURUT A. HASSAN.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 15 (1): 1–18. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-01.

Dr, Zainal , Arifin M.Pd.I and Saifuddin Umar , Lc and Seno, S.Pd.I. n.d. “Model Pendidikan Berbasis Qur’an Dan Sunnah Upaya Meningkatkan Peradapan Islam Di SDIT Fajrul Islam Pekalonngan.”

Eka, Ayu Kharisma, and Anwar Mujahidin. 2023. “PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) MISBAHUL HUDA DESA DURI KECAMATAN SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO BERBASIS EKONOMI MANDIRI.” Jurnal Abdimas Multidisiplin 2 (2): 35–44. https://doi.org/10.58705/jam.v2i2.148.

Hamdani. n.d. “TELAAH KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF SUNNAH.”

Kamarudin, Kamarudin, Suprijati Sarib, Juhrah M. Arib, Sudarmadi Putra, and Rahman Rahman. 2023. “Avoiding Mistakes in Understanding the Hadith of Prophet Muhammad SAW with Yūsuf Qaraḍāwī’s Hermeneutics.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 7 (1): 49. https://doi.org/10.29240/alquds.v7i1.5874.

Muzayyah, Siti. n.d. “UPAYA GURU DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI–NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH DI SDIT AS SUNNAH KOTA CIREBON.”

Nurhadi, Siti Nuriyah, Suhartinis, and Imam Tabroni. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah.” Lebah 14 (1): 5–10. https://doi.org/10.35335/lebah.v14i1.62.

Ratnawati, Ratnawati, and Yanuar Triadi. 2020. “Pedidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) 1 (2): 78–83. https://doi.org/10.37251/jpaii.v1i2.101.

Sulistyawati, Prihatin, Vera Hayatun Sunnah, and Dwi Agus Setiawan. 2018. “Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Religi Dalam Menangani Problematika Kenakalan Anak SDN Gadang 1 Malang.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 8 (2): 37–44. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2639.

Triana, Neni. 2022. “Pendidikan Karakter.” Mau’izhah 11 (1). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58.

Wismanto. n.d. “PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR.” https://doi.org/http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.461.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-22

Cara Mengutip

PEDAGOGI SUNNAH NABAWIYYAH: MENGUKIR GENERASI UNGGUL MELALUI PENDIDIKAN BERKUALITAS. (2024). Journal of Islamic Studies, 2(1), 87-102. https://doi.org/10.61341/jis/v2i1.07169

Artikel Serupa

11-19 dari 19

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.