IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN KANAL YOUTUBE LOGNEWSTV SEBAGAI SARANA DAKWAH
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i4.098Kata Kunci:
fungsi manajemen, akun YouTube, media dakwahAbstrak
Pesatnya perkembangan media sosial menjadikan YouTube sebagai platform yang strategis dalam penyebaran dakwah, namun keberhasilan penggunaannya sangat bergantung pada efektivitas pengelolaan konten, mulai dari tahap perencanaan, produksi, distribusi hingga evaluasi. Artikel ini mengkaji efektivitas implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan kanal YouTube LognewsTV sebagai sarana dakwah di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan LognewsTV sebagai media dakwah serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan, melibatkan tiga informan utama yang berperan langsung dalam pengelolaan kanal tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim LognewsTV telah berhasil menerapkan fungsi-fungsi manajemen dengan baik, terutama dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan konten dakwah yang konsisten. Meski menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia dan perubahan algoritma YouTube, penggunaan data analitik membantu tim dalam menyesuaikan strategi konten dengan preferensi audiens. Fleksibilitas dan dedikasi tim menjaga kualitas serta keberlanjutan konten, sehingga pengelolaan kanal YouTube LognewsTV dinilai efektif dalam menyampaikan pesan dakwah di era digital.
Unduhan
Referensi
Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif. St. Louis. Retrieved from https://www.proquest.com/working-papers/buku-metode-penelitian-kualitatif/docview/2623783889/se-2?accountid=215586
Creswell, J. W. (2023). Generating metainferences in mixed methods research: A worked example in convergent mixed methods designs. Sage Publications, 16(3). Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/generating-metainferences-mixed-methods-research/docview/2895756753/se-2?accountid=215586
Dewanto, F. B., Febrian, M. H., Amir, M. R., Farida, I., & Prawira, A. (2023). Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. JURNAL MANEKSI, 709-715.
Dinillah, M. H., Abdurrazaq, M. N., & Sobirin. (2022). Manajemen Masjid dalam Memakmurkan Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu di Bidang Imarah. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dakwah, 02(02), 44-56. doi:https://doi.org/10.53888/alidaroh.v2i2.514
Halim, I. (2022). Berfikir Kreatif Dan Menerapkan Manajemen Pemasaran Bank Syariah. St. Louis. Retrieved from https://www.proquest.com/working-papers/berfikir-kreatif-dan-menerapkan-manajemen/docview/2667621050/se-2?accountid=215586
Husna, N. (2021). Metode Dakwah Islam dalam Perspektif Al-Quran. SELASAR KPI : Referensi Media Komunikasi dan Dakwah, 97-105.
Nurhamna. (2022). Prinsip - prinsip manajemen dalam konsep al-qur'an dan hadits. St. Louis. Retrieved from https://www.proquest.com/working-papers/prinsip-manajemen-dalam-konsep-al-quran-dan/docview/2643846221/se-2?accountid=215586
PPM SoM. (2022, September 8). Fungsi Manajemen: Pengertian dan Contoh. Retrieved Oktober 9, 2024, from https://ppmschool.ac.id/fungsi-manajemen/#:~:text=5%20Fungsi%20Manajemen,-Jika%20ditanya%20jelaskan&text=Fungsi%20tersebut%20telah%20disebutkan%20oleh,manajemen%20yang%20penting%20untuk%20diketahui.
Riyanto, A. D. (2023, April 18). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. Retrieved from andi.link: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/#:~:text=Data%20(Tren)%20Pengguna%20Internet%20dan%20Media%20sosial%20di%20Indonesia%20Tahun,%2C4%25%20dari%20total%20populasi)
Taufikurrahman, & Setyowati, E. (2024). Sistem Komunikasi Dakwah di Era Digital Melalui Instagram, Tiktok, Youtube. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 103-116.
Wahyuni, S. (2022). Konsep Manajemen Secara Umum dan Islam. St. Louis. Retrieved from https://www.proquest.com/working-papers/konsep-manajemen-secara-umum-dan-islam/docview/2643839375/se-2?accountid=215586
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.