ANALISIS PENERAPAN ATURAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PELAJAR KELAS V DI MADRSAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN

Penulis

  • Yeni Rosa Damayanti Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Irvan Iswandi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Dadan Mardani Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v3i1.122

Kata Kunci:

penerapan aturan sekolah, meningkatkan kedisiplinan pelajar, madrasah ibtidaiyah.

Abstrak

Disiplin merupakan titik sentral dalam segala pendidikan, khususnya pendidikan pada lembaga formal seperti sekolah. Hasil belajar siswa di sekolah dapat diamati dan ditentukan oleh tingkat kedisiplinan dalam proses belajar mengajar, sehingga masyarakat dapat yakin terhadap hasil tersebut. Masalah kedisiplinan siswa sangat penting bagi kemajuan Madrasah Ibtidaiyah. Disiplin akan selalu menciptakan proses belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan dan meningkatkan kedisiplinan siswa kelas V  Madrasah Ibtidaiyah Mahad Al-Zaytun. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa dan guru Madrasah Ibtidaiyah Ma'had Al-Zaytun. Sampel penelitian ini adalah kepala sekolah dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma'had Al-Zaytun. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan catat. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui observasi dan wawancara terlihat jelas bahwa kepatuhan terhadap peraturan sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun sudah berjalan dengan cukup baik. . Hal ini dikarenakan adanya pengawasan yang ketat dan ketat dari pihak madrasah, sehingga secara umum siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma'had Al-Zaytun patuh terhadap peraturan yang berlaku dan sangat jarang melakukan pelanggaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Aly, A. (2011). Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Surakarta: Pustaka Belajar.

Ahmad dan Saehudin (2016). “Tafsir Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Al-Quran” . Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal.81

Asdam, M. (2016). Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual). Makassar: LIPa.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Perss.

dkk, K. (2018). Analysis Of Measures Items In Development Of Instruments SelfAssessment (Rasch Modeling Application). Journal Of Indonesian Student Assessment And Evaluation, 1-9.

dkk, M. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasi Masalah Lokal Dalam Mengembangkan Kompetensi Ekologis. Social Science Educational.

Dwi Prastowo Darminto, D. (2019). Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Upp Stim Ykpn.

Fauzi, Achmad Alif Rizal (2013) Pengaruh Peraturan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sman 1 Taman Sidoarjo. Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fawaid, Moh. Mansyur. (2017). “Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa” di SMA Islam Al-Maarif Singosari. Skripsi

Fredina Fransiska, Z. E. (2015). Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS MAN Demak.

Journal of Arabic Learning and Teaching Vol. 4 No.10, 56 - 60.

Gosal, M. F. (2016). Kemampuan Kerja Aparat Kecamatan Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Akte Jual Beli Tanah kepada Masyarakat di Kecamatan Tikala Kota. Jurnal Ilmu Sosial dan Pengolahan Sumber Daya Pembangunan Vol. 2 No. 20, 1-16.

Gregory, A. (2015). Planning and Managing Public Relations Campaigns. Kogan Page.

Hendri. (2019). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik di SDN 5 Panarung. Pedagogik Jurnal Pendidikan Vol. 14 No. 2, 54-59.

Irwansa .A. (2015).“Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah pada Siswa di SMK Negeri 1 Makassar ”. Skripsi.

KBBI Daring Tahun 2016. (Juli 2023). Diambil kembali dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/definisi

KBBI Daring Tahun 2016. (Juli 2023). Diambil kembali dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/istilah

KBBI Daring Tahun 2016. (Juli 2023). Diambil kembali dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pelajar

Kadir, Abdul. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan . Jakarta: Kencana Media Pradana Group.

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan, vol 8,no 1.

Lisnawati. (2016). “Pengaruh Peraturan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Kejujuran Siswa di Smp Negeri 3 Medan”. Skripsi

Mabuka, Oktovina. (2021). Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol. 7. No. 2.

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hadis, Vol. 2 No. 2.

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Jurnal Studi al-Quran dan Hadis Vol. 2 No. 2, 143 - 168.

Maryani. (2018). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Strategi Group Resume. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 49 - 54.

Maunah, B. (2009). Ilmu Pendidikan . Yogyakarta: Teras.

Media, A.-R. (2012). Character Building. Ngainun Naim, 142.

Media, J. A.-R. (2012). Character Building. Ngainun Naim, 142.

Muhamad Afandi, E. C. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah.

Semarang: Unissula Press.

Mungalimatul Khusnia, N. K. (2022). Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas III Di SDN Pujorahayu. Journal of Elementary School Vol. 1 No. 1 , 32 - 44.

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikai disertai contoh proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Muttaqin, Akhmad Khoirul. (2020). “Penerapan Tata Tertib Sekolah dalam Pembentukan Kedisiplinan Guru dan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Kota Pasuruan”. Skripsi

Naim, Ngainun, Character Building, (Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), h. 142-143.

Pandawa, N. (2009). Pembelajaran Membaca. Jakarta: PPPPTK.

Pangestu, Dampit. (2021). “Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII D (Study Mata Pelajaran Ips Terpadu) Di SMP 1 Ma’arif Ponorogo” . Skripsi

Parawira, P. A. (2012). Pesikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Jurnal Al - Daulah, 352 - 376.

Pendidikan, P. (2017). Evaluasi Pendidikan Karakter. Jejak Pendidikan.

Penyusun, T. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Pusat Bahasa.

Pustaka, B. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan .

Rahel Sonia Ambarita, N. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 5 , 2336 - 2344. Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Rifa'i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik untuk Efektivitas Pembelajaran). Medan: CV. Widya Puspita.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Salim, S. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Cipta Pustaka.

Samsu. (2017). Metode Penelitian. Jambi: PUSAKA.

Simanulang, C. R. (2015). Al-Zaytun Sumber Inspirasi: bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,. Indramayu: Pustaka Tokoh Indonesia.

Sinolungan, A. (1997). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Gunung Agung.

Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Subliyanto. (2011). Media Belajar dan Informasi Kemandirian Belajar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

ALFABETA.

Sulistiyowati, Sofchah. (2001). Cara Belajar yang Efektif dan Efisien . Pekalongan:Cinta Ilmu.

Syuhada, D. (2013). pengertian minat para ahli. Blog Spot.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional

Yulianti, Padmi Dhyah, dkk. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 24 No.2. h. 234

Wiradi, G. (1996). Etika Penulisan Karya Ilmiyah. Yayasan Akatiga: Pusat Analisis Sosial

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

ANALISIS PENERAPAN ATURAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PELAJAR KELAS V DI MADRSAH IBTIDAIYAH MA’HAD AL-ZAYTUN. (2025). Journal of Islamic Studies, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.61341/jis/v3i1.122

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 49

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.