ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013 (TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA)

Penulis

  • Rahma Fadilah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Wiena Safitri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Ahmad Asrof Fitri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v1i3.027

Kata Kunci:

Analisis, Kelayakan Isi, Penyajian, Kegrafikan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  kelayakan buku teks tersebut sebagai bahan ajar pelajaran bahasa Arab untuk kelas VII. Ditinjau dari beberapa teori penyusunan dari segi kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library Research) dengan objek penelitian buku teks  bahasa Arab kelas VII. Serta metode pengamatannya menggunakan sumber data baik primer maupun sekunder. Sedangkan Teknik untuk menganalisis data  peneliti menggunakan analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut sudah layak sebagai bahan materi belajar bahasa Arab bagi siswa kelas VII Madrsah Tsanawiyah kurikulum 2013 dan telah memenuhi standar dari segi kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan, oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) namun ditemukan fakta di lapangan, peneliti menemukan masih terdapat kesalahan pada buku teks bahasa Arab yang digunakan di Madrasah baik dari segi materi/ isi buku maupun dari segi kegrafikan, gambar yang disajikan masih kurang teliti dan diperlukan berbagai perbaikan untuk dijadikan bahan buku ajar.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya

Abdul Hamid, 2008. Pembelajaran Bahasa Arab; Pendekatan, Metode, Strategi, Materi Dan Media. Malang: UIN Malang Press.

Abdi, Husnul. 2021. Pengertian analisis menurut para ahli, kenali fungsi, tujuan dan jenisnya. Liputan6. Com [diakses tanggal 21 Januari 2023 06.10 WIB]

Afifa Wijdan Azhari. 2018. Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiah. Terbitan Karya Toha Putra.

Afifuddin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia

Agita Misriani. 2018. Kualitas buku teks bahasa Indonesia kelas VII terbitan kemendikbud kurikulum 2013 (tinjau atas aspek kesesuaian). Estetik, Volume 1 (1): 2.

Ahmad Fadil. 2016. Analisis Buku Teks Pendidikan Bahasa Arab SMP/MTS Muhammadiyah Kelas 9 Karya Badrudin A.R.K., S.AG., M.S.I., Tinjauan Dari Segi Kelayakan Isi, Penyajian, Bahasa, Dan Kegrafikan. [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Al-Ghali, Abdullah, et al. 2012. Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab. Padang: Akademia Permata.

Anita Lie. 2012. Cooperative Learning. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Annur, Saipul. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan (Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif). Palembang: Noer Fikri Offset.

Ardiansyah. M. Asrori. 2015. Artikel Pendidikan: Pengertian Madrasah Unggulan. http://www.majalahpendidikan.com. [diakses tanggal 1 Maret 2023 13.54 WIB]

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi, 2010. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyrofi Syamsuddin, 1988. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Analisis Textbook Pelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Sumbangsih.

Asyrofi, Syamsuddin & Toni Pransiska. 2016. Penulisan Buku Teks Bahasa Arab Konsep, Prinsip, Problematika dan Proyeksi. Yogyakarta: Ombak.

Calahan, J. F., & Clark, L. H. 2009. Teaching In The Middle And Secondary Schools: Planning For Competence.New York: Mcmilan Publishing Company Inc: 27

Chamisjatin, L. 2013. Penyusunan Buku Pelajaran (Buku Teks). Alternatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan. Volume 4 (8): 60

Douglas, Harper. 2001-2012. Analysis. https://www.etymonline.com/word/analysis [diakses tanggal 21 Januari 2023 06.09 WIB]

Dwi Susanti, Rini. 2013. Studi Analisis Materi Ajar “Buku Teks Pelajaran“ Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas Tinggi Madrasah Ibtidaiyah. Arabia Volume 5 (2): 209-210.

Haryoko Sapto, Bahtiar, Fajar Arwadi, 2020. Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep Teknik & Prosedur Analisis). Makasaar: Badan Penerbit UNM

Imran, Syaiful. 2014. Fungsi, Tujuan dan Manfaat Penggunaan Buku Teks Pelajaran dalam Pembelajaran. Ilmu-pendidikan.net. [diakses tanggal 21 Januari 2023 06.29 WIB]

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). 2015. Selayang Pandang Kurikulum.

http://kurikulum.kemdikbud.go.id/tentang_kurikulum [diakses tanggal 21 Januari 2023 08.49 WIB]

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Pasal 1

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, 2017. Buku Teks Dan Pengayaan: Kelengkapan Dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Dan Minat Baca Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud.

http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/Publikasi [diakses tanggal 14 Januari 2023 16.37 WIB]

Kepala Balitbang. 2015-2020. Buku Kerja Bersama untuk Pendidikan dan Kebudayaan. Indonesia: Capaian Balitbang dan Perbukuan.

Lexy, J Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Lukman Asha. 2020. Manajemen Pendidikan Madrasah: Dinamika dan Studi Perbandingan Madrasah dari Masa ke Masa. Bantul: Azyan.

M. Hosnan, 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Martatik. 2018. Analisis Buku Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1. Jurnal Diklat Teknis Volume 6: 1

Menteri Agama Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Jakarta: Kemenag.

Menteri Agama Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah. Jakarta: Kmenterian Agama RI

Menteri Agama Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 207 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Jakarta: Kemenag.

Muslich, Masnur. 2016. Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Novianti, A., Mustadi A., 2015. Analisis Buku Teks muatan tematik integratif, scientific approach dan authentic. Sekolah dasar. Jurnal Kependidikan. Volume 45 (1): 1

Nunung Kurniawati. 2019. Analisis Isi Buku Siswa Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013. UIN Raden Intan Lampung. Volume 3: 2

Nurul. 2020. Definisi Bahasa Arab. https://pcinusudan.com/2020/02/definisi-bahasa-arab/ [diakses tanggal 25 Februari 2023 01.22 WIB]

Pedoman Penulisan Skripsi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI Al-AZIS). 2020. Indramayu: Ed. ke-2.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press

Pulungan Rosmilan. 2020. Telaah Kurikulum Dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Medan: Guepedia

Putri. L. Disha. 2018. Peranacangan Modul Kerajinan Untuk Madrasah Tsanawiyah Nurussalam. Ciamis.

Ritonga, Mahyudin, Alwis Nazir, Sri Wahyuni. 2020. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Saputro, Puput. 2021. Pengertian Analisis Adalah Proses Penguraian Data, Pahami, Metode-Metodenya. Plus.Kapanlagi.Com [diakses tanggal 21 Januari 2023 06.15 WIB]

Siti Maesaroh. 2017. Analisis Kualitas Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga Kurikulum 2013, [Skripsi]. Purwokerto: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Purwokerto.

Sofan Amri. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Sofiyah Rosyadi. 2019. Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1 Dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Al Maqayis. Volume 6 (1): 7

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafitri, Irmayani.2020. Pengetian Analisis,Fungsi dan Tujuan, Jenisnya Beserta Contoh Analisis. Nesabamedia.com [diakses tanggal 22 Januari 2023 06.02WIB]

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ulfatur Rosyidah. 2018. Hari Bahasa Arab Sedunia. IAIN Madura. Iainmadura.ac.id. [diakses tanggal 22 Januari 2023 06.52 WIB]

Zuchri Abdussamad, 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-04

Cara Mengutip

ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013 (TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA). (2023). Journal of Islamic Studies, 1(3), 337-350. https://doi.org/10.61341/jis/v1i3.027

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 49

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.