PERAN KOMUNITAS ORANG MUDA INDONESIA DEPOK DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.040Kata Kunci:
peran masyarakat, Orang Muda Indonesia, pengembangan dakwah, Media sosialAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunitas Orang Muda Indonesia (OMI) Depok dalam pengembangan dakwah melalui media sosial di Yayasan (YKBS) agar dapat bermanfaat bagi masyarakat dan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh Komunitas Orang Muda Indonesia Depok dalam mengembangkan dakwah melalui media sosial. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dengan para pembina, ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Bertempat di kantor OMI Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Komunitas Orang Muda Indonesia dalam pengembangan dakwah melalui media sosial, media sosial yang dimana setiap tempat dan waktu dilakukan untuk berdakwah dan menjaring seluruh khalayak dan memiliki massa yang besar, dapat memperluas jangkauan dakwah. Jangkauan media sosial bisa membuat para da'i dikenal banyak orang. Semakin banyak orang menggunakan media untuk menyebarkan dakwah maka semakin luas jangkauannya, hal ini diyakini oleh generasi muda yang menggunakan media sosial, serta kesadaran para da'i bahwa media sosial juga memiliki kekuatan yang luar biasa karena penyebarannya. konten dibuat. OMI terus berupaya setiap hari untuk memberikan konten yang berkualitas, agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima sesuai dengan niat semula. Peran OMI sangat membantu para relawan YKBS dalam upaya mengembangkan strategi promosi bagi para donatur dan masyarakat melalui penguasaan teknik aplikasi media sosial.
Unduhan
Referensi
Imron Rosyidi, “Komunikasi Dan Dakwah: Ihtiar Integrasi Keilmuan Dan Urgensi Kekinian,” Jurnal Madania 5, no. 1 (2015): 75–91.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Munir, Wahyu Ilaihi, 2012, Manajemen Dakwah, Jakarta, Prenada Media Group
Sukiman, 2012, Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta, PT Pustaka Insan Madani
Syamsir ,Torang, 2014, Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur Budaya & Perubahan (Organisasi), Bandung, Alphabeta
Roni Tobroni,2014, Komunikasi Politik Pada Era Multimedia, Bandung, Simbiosa Rekatama Media
Ilyas Ismail, 2018, The True Da’wa, Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial, Jakarta, Prenada Media Group
Welhendri Azwar, Muliono,2020, Sosiologi Dakwah, Jakarta, Prenada Media Group
Muhammad Rijal fadli, 2018, Memahami metode penelitian kualitatif. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta
Sidiq, U., & Choiri, M, 2019, Metode penelitian kualitatif di bidang Pendidikan. CV Nata Karya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.