PERAN KOMUNITAS ORANG MUDA INDONESIA DEPOK  DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL

Penulis

  • Darsiti Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Ahmad Asrof Fitri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Muhammad N. Abdurrazaq Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.040

Kata Kunci:

peran masyarakat, Orang Muda Indonesia, pengembangan dakwah, Media sosial

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunitas Orang Muda Indonesia (OMI) Depok dalam pengembangan dakwah melalui media sosial di Yayasan (YKBS) agar dapat bermanfaat bagi masyarakat dan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh Komunitas Orang Muda Indonesia Depok dalam mengembangkan dakwah melalui media sosial. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dengan para pembina, ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Bertempat di kantor OMI Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Komunitas Orang Muda Indonesia dalam pengembangan dakwah melalui media sosial, media sosial yang dimana setiap tempat dan waktu dilakukan untuk berdakwah dan menjaring seluruh khalayak dan memiliki massa yang besar, dapat memperluas jangkauan dakwah. Jangkauan media sosial bisa membuat para da'i dikenal banyak orang. Semakin banyak orang menggunakan media untuk menyebarkan dakwah maka semakin luas jangkauannya, hal ini diyakini oleh generasi muda yang menggunakan media sosial, serta kesadaran para da'i bahwa media sosial juga memiliki kekuatan yang luar biasa karena penyebarannya. konten dibuat. OMI terus berupaya setiap hari untuk memberikan konten yang berkualitas, agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima sesuai dengan niat semula. Peran OMI sangat membantu para relawan YKBS dalam upaya mengembangkan strategi promosi bagi para donatur dan masyarakat melalui penguasaan teknik aplikasi media sosial.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Imron Rosyidi, “Komunikasi Dan Dakwah: Ihtiar Integrasi Keilmuan Dan Urgensi Kekinian,” Jurnal Madania 5, no. 1 (2015): 75–91.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Munir, Wahyu Ilaihi, 2012, Manajemen Dakwah, Jakarta, Prenada Media Group

Sukiman, 2012, Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta, PT Pustaka Insan Madani

Syamsir ,Torang, 2014, Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur Budaya & Perubahan (Organisasi), Bandung, Alphabeta

Roni Tobroni,2014, Komunikasi Politik Pada Era Multimedia, Bandung, Simbiosa Rekatama Media

Ilyas Ismail, 2018, The True Da’wa, Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial, Jakarta, Prenada Media Group

Welhendri Azwar, Muliono,2020, Sosiologi Dakwah, Jakarta, Prenada Media Group

Muhammad Rijal fadli, 2018, Memahami metode penelitian kualitatif. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta

Sidiq, U., & Choiri, M, 2019, Metode penelitian kualitatif di bidang Pendidikan. CV Nata Karya

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-06

Cara Mengutip

PERAN KOMUNITAS ORANG MUDA INDONESIA DEPOK  DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL. (2024). Journal of Islamic Studies, 1(4), 494-509. https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.040

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 

Artikel Serupa

1-10 dari 111

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.