Pengaruh Latar Belakang Pendidikan terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’had Al-Zaytun Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.61341/siyaqiy/v2i1.011Keywords:
Latar BelakangPendidikan, Hasil Belajar, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini mengkaji dampak perbedaan latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di MTs Ma'had Al-Zaytun. Siswa dari latar belakang formal (MI) memiliki lebih banyak waktu untuk belajar bahasa Arab, sedangkan siswa dari SD memiliki lebih sedikit kesempatan. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa MTs Ma’had Al-Zaytun sebagai objek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena data-data yang digunakan berbentuk angka. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier, dapat disimpulkan bahwa (1) 45% siswa berlatar belakang pendidikan MI sedangkan sisanya 41% siswa berlatar belakang pendidikan SD Negeri dan yang lain sedikit yakni siswa-siswa yang berasal dari luar negeri (2) Hasil belajar siswa MTs Ma’had Al-Zaytun bernilai 88% dapat dikategorikan baik. (3) Terdapat pengaruh antara latar belakang pendidikan siswa dengan hasil belajar bahasa Arab di MTs Ma’had Al-Zaytun, dengan nilai korelasi 0,645 dengan signifikasi 0.000. Karena signifikasi < 0,05, maka Ha diterima, yang berarti Ho ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIYAQIY: JURNAL PENDIDIKAN DAN BAHASA ARAB

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.