MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER SANTRI KELAS IX DI ASRAMA AL-MADANI PONDOK PESANTREN MA’HAD AL-ZAYTUN INDRAMAYU

Penulis

  • Falahudin Al Aziz Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Alfi Satria Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Anjar Sulistyani Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.076

Kata Kunci:

manajemen, pembinaan, karakter, santri, analisis SWOT

Abstrak

Masih adanya sikap kurang menjaga sopan santun, rasa malas, dan pelanggaran yang tidak mencerminkan nilai baik pada lingkungan santri kelas IX di Asrama Al-Madani pada fase usia remajanya, menjadi sebuah tantangan bagi pengurus manajemen di asrama, oleh karena itu diperlukan pembinaan karakter melalui manajemen yang konsisten dan terarah agar pembinaan karakter dapat berjalan kondusif dan meminimalisir tantangan dan masalah yang terjadi khususnya pada santri Asrama Al-Madani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembinaan karakter di asrama Al-Madani dan tantangan dalam manajemen pembinaan karakter santri kelas IX di asrama Al-Madani. Penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang dipilih adalah santri kelas IX Asrama Al-Madani di Pondok Pesantren Ma’had Al-Zaytun. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: manajemen asrama Al-Madani telah melakukan beberapa fungsi manajemen, namun masih ada beberapa yang belum maksimal yaitu fungsi pelaksanaan dan pengawasan. Selain itu, melalui analisis SWOT didapati tantangan yang dihadapi pengurus asrama yaitu adanya individu yang kurang disiplin dalam melaksanakan kegiatan. Selain itu, kehadiran guru pembimbing yang belum optimal dalam mengontrol kegiatan santri.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Cepi Pahlevi, M. I. (2023). Manajemen Strategi. Makassar: Penerbit Intelektual Karya Nusantara.

Chusna, F. (2023, Juni 14.26 WIB). Al-Zaytun Pernah Jadi Pesantren Terbesar di Asia Tenggara. Dipetik Januari Selasa, 2024, dari Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2023/06/30/16241051/rupanya-al-zaytun-pernah-jadi-pesantren-termegah-di-asia-tenggara

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hasanudin, D. K. (2019). Manajemen Strategik Pondok Pesantren dalam Upaya Membentuk Pondok Pesantren yang Berkarakter. Tadbir:Jurnal Manajemen Dakwah, 4(3), 305-322.

Isnaini, M. (2013). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Al-Ta'lim, I (6), 445-450.

Kemenkes. (2014). Pedoman Standar Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Muhamad Sulthon, A. S. (2023). Peran Pengurus Asrama dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Beribadah Santri di Asrama Persahabatan Pondok Pesantren Ma'had Al-Zaytun. Relinesia, 2(2), 104-114.

Munir, M. (2021). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Musnandar, A. (2013). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Budaya Organisasi Pada Perguruan TInggi Islam: studi kasus UIN Maliki Malang. Ulul Albab, 14(1).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, M. b. (2017). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Media Akademi.

Umdah Izzatil, S. A. (2024). Manajemen Strategi Pada Pengembangan Sumber Daya Manusia di Panti Asuhan Ngawi Al-Munawarah. Jurnal Of Islamic Studies, 2 (1), 76-84.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-28

Cara Mengutip

MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER SANTRI KELAS IX DI ASRAMA AL-MADANI PONDOK PESANTREN MA’HAD AL-ZAYTUN INDRAMAYU. (2024). Journal of Islamic Studies, 2(2), 167-177. https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.076

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

11-20 dari 63

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.