METODE KOMUNIKASI PENGASUH TERHADAP ANAK ASUH DALAM PEMBINAAN AKHLAK DI PANTI ASUHAN LENTERA HATI KOTA MADIUN

Penulis

  • Aslam Arafiddiin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Ahmad Asrof Fitri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis
  • Sobirin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.080

Kata Kunci:

Metode Komunikasi, Pengasuh, Anak Asuh, Pembinaan Akhlak

Abstrak

Penelitian ini mengkaji metode komunikasi pengasuh dalam membina akhlak di Panti Asuhan Lentera Hati. Pokok masalah dari penelitian ini yaitu masih banyaknya remaja yang kurang memahami tentang ajaran Islam sehingga dengan mudahnya melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) Mendeskripsikan metode yang pengasuh terapkan pada anak asuh dalam hal pembinaan akhlak (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode komunikasi pengasuh terhadap anak asuh di Panti Asuhan Lentera Hati dalam hal pembinaan akhlak. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam dengan pengurus, pengasuh dan beberapa anak asuh di Panti Asuhan Lentera Hati Kota Madiun dan dilengkapi dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode komunikasi yang digunakan pengasuh dalam membina akhlak anak asuh adalah metode dengan pendekatan persuasif, informatif, edukatif dan repetition. (2) Bentuk komunikasi yang digunakan adalah komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok. (3) Faktor pendukung ialah respon positif yang diberikan oleh anak asuh sehingga kegiatan tersebut bisa terlaksana, terpenuhinya unsur-unsur komunikasi dan tercukupinya sarana prasarana dalam menunjang kegiatan pembinaan akhlak. (4) Faktor penghambat yaitu adanya kebiasaan buruk yang dibawa dari luar panti seperti di lingkungan sekolah maupun dari lingkungan mereka sebelum di panti asuhan, serta penggunaan handphone yang berlebihan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arifin, Anwar (2018). metode komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arni Muhamad, 2001. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

rsaEffendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti

Hefni Harjani, 2015, komunikasi islam. Jakarta : kencana

Kemenag. (2022). Qur’an Kemenag. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Moleong, L. J. (2002), Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu komunikasi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Arni. 2009. Jakarta : Bumi Aksara Cet. Ke-10

M. Munir, 2009. Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.

Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. Cet. Kelima.

Rajabany, Muhammad Fahmi. 2015. Komunikasi interpersonal pengasuh dengan anak asuh di Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah: Prosiding Penelitian SPeSIA

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-12.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-27.

Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suryabrata, Sumadi. (1987). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Widjaja A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Yogyakarta: Rineka Cipta

Wiryanto.2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta:Gramedia Widiasavina

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-16

Cara Mengutip

METODE KOMUNIKASI PENGASUH TERHADAP ANAK ASUH DALAM PEMBINAAN AKHLAK DI PANTI ASUHAN LENTERA HATI KOTA MADIUN. (2024). Journal of Islamic Studies, 2(2), 210-221. https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.080

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 89

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.