METODE KOMUNIKASI PENGASUH TERHADAP ANAK ASUH DALAM PEMBINAAN AKHLAK DI PANTI ASUHAN LENTERA HATI KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.080Kata Kunci:
Metode Komunikasi, Pengasuh, Anak Asuh, Pembinaan AkhlakAbstrak
Penelitian ini mengkaji metode komunikasi pengasuh dalam membina akhlak di Panti Asuhan Lentera Hati. Pokok masalah dari penelitian ini yaitu masih banyaknya remaja yang kurang memahami tentang ajaran Islam sehingga dengan mudahnya melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) Mendeskripsikan metode yang pengasuh terapkan pada anak asuh dalam hal pembinaan akhlak (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode komunikasi pengasuh terhadap anak asuh di Panti Asuhan Lentera Hati dalam hal pembinaan akhlak. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam dengan pengurus, pengasuh dan beberapa anak asuh di Panti Asuhan Lentera Hati Kota Madiun dan dilengkapi dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode komunikasi yang digunakan pengasuh dalam membina akhlak anak asuh adalah metode dengan pendekatan persuasif, informatif, edukatif dan repetition. (2) Bentuk komunikasi yang digunakan adalah komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok. (3) Faktor pendukung ialah respon positif yang diberikan oleh anak asuh sehingga kegiatan tersebut bisa terlaksana, terpenuhinya unsur-unsur komunikasi dan tercukupinya sarana prasarana dalam menunjang kegiatan pembinaan akhlak. (4) Faktor penghambat yaitu adanya kebiasaan buruk yang dibawa dari luar panti seperti di lingkungan sekolah maupun dari lingkungan mereka sebelum di panti asuhan, serta penggunaan handphone yang berlebihan.
Unduhan
Referensi
Arifin, Anwar (2018). metode komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arni Muhamad, 2001. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
rsaEffendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti
Hefni Harjani, 2015, komunikasi islam. Jakarta : kencana
Kemenag. (2022). Qur’an Kemenag. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Moleong, L. J. (2002), Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu komunikasi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Arni. 2009. Jakarta : Bumi Aksara Cet. Ke-10
M. Munir, 2009. Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.
Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. Cet. Kelima.
Rajabany, Muhammad Fahmi. 2015. Komunikasi interpersonal pengasuh dengan anak asuh di Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah: Prosiding Penelitian SPeSIA
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-12.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-27.
Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suryabrata, Sumadi. (1987). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Widjaja A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Yogyakarta: Rineka Cipta
Wiryanto.2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta:Gramedia Widiasavina
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.