PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI HAURGEULISKOLOT INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v1i4.032Kata Kunci:
Media Sosial, TikTok, Psikologi BelajarAbstrak
Konten hiburan yang tersaji dalam media sosial TikTok seakan menjadi candu bagi anak-anak, dan membuat mereka melupakan kewajibannya sebagai pelajar untuk belajar dengan sungguh-sungguh, karena pada hakikatnya belajar dapat menghasilkan banyak perubahan dalam diri seseorang baik perubahan dari sikap, sifat, keterampilan, kecakapan dan pengetahuan. Apabila media TikTok sudah menjadi hal yang membuat candu bagi siswa untuk terus menggunakan dalam aktivitas sehari-hari, maka dari penggunaan tersebut dapat mempengaruhi perkembangan psikologi belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari 46 siswa terdapat 44 siswa yang aktif menjadi pengguna media sosial TikTok dan 2 orang tidak menggunakan media sosial TikTok. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai r (hitung) sebesar 0.0667 dan r (tabel) sebesar 0.304. Berdasarkan hasil perhitungan dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap perkembangan psikologi belajar, mulai dari berkurangnya waktu belajar karena bermain TikTok, kesulitan fokus saat sedang belajar, bermain TikTok membuat siswa lupa waktu dan kehilangan minat belajar, serta menurunnya nilai dan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Haurgeuliskolot yang menggunakan media sosial TikTok.
Unduhan
Referensi
Alfaini, S. (2021). Perspektif Al-Qur'an Tentang Konten Tarian Viral Para Muslimah Pada Aplikasi TikTok. Al-Mutsla : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol. 3 No. 1, 45.
Badrumilah, I. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Jejaring Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4 No. 5, 1460.
Baharuddin. (2020). Psikologi Pendidikan Refleksi Teorits terhadap Fenomena. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Buana, T. M. (2020). Penggunaan Aplikasi TikTok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, Vol.14 No.1, 3.
Cahyani, D. D. (2020). Dampak Penggunaan Aplikasi Tik Tok Dalam Interaksi Sosial (Study Kasus di SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung). Skripsi, 22-23.
Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Epriani, Y. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perkembangan Akhlak Remaja Di SMP Negeri 4 Semende Darat Laut. Skripsi, 17.
Fahyuni, E. F. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (Kunci Sukses Guru dan Peserta Didik dalam Interaksi Edukatif). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Fakoubun, N. (2021). Dampak Perilaku Gemar Bermain Aplikasi Tik Tok Terhadap Pembentukan Keadaban Pada Anak Di Desa Waiheru RT 07/ RW 04 Kecamatan Baguala Kota Ambon. Skripsi.
Handayani, F. e. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6 No. 2, 11363.
Jannah, R. (2016). Gangguan dan Kesehatan Mata. Bogor: Guepedia.
Jeksen. (2019). Pengaruh Komunikasi Efektif Pustakawan Terhadap Melayani Pemustaka Di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang . Skripsi, 35-36.
Kuswanti, A. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Akhlakul Karimah Remaja Di Desa Bunton Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap . Skripsi.
Makarim, C. (2022, May 12). Chodidjah Makarim. Retrieved from YouTube: https://youtu.be/xh0rCXzTR1g
Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Prakoso, A. D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok Dan Efeknya Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Islam Di Kelurahan Waydadi Baru Kecamatan Sukarame. Skripsi, 23-24.
Rohmawati, Y. (2021). Pengaruh Aplikasi TikTok Terhadap Akhlak Remaja Di Desa Tawangharjo Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Skripsi, 24.
Sarnoto, A. Z. (2014). Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar. PROFESI, Vol. 3 No. 4, 65.
Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta .
Suryaningsih, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, Vol. 7 No. 1, 1.
Thahir, A. (2014). Psikologi Belajar Buku Pengantar Dalam Memahami Psikologi Belajar. Lampung.
Wibawa, D. P. (2023). SYIAR ISLAM DAN TIKTOK. Bandung: LEKKAS.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.