Analisis Kecerdasan Emosional Guru dalam Membina Karakter Disiplin Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Ma'had Al-Zaytun
DOI:
https://doi.org/10.61341/jis/v3i1.125Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional Guru, Karakter Disiplin, Sekolah BerasramaAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pemahaman dan penerapan kecerdasan emosional guru dalam membina karakter disiplin siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas 1 telah memiliki pemahaman praktis yang baik terhadap lima aspek kecerdasan emosional yakni kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Guru mampu menerapkan aspek-aspek tersebut dalam membina kedisiplinan siswa, baik melalui keteladanan, komunikasi empatik, pembiasaan, maupun strategi kreatif yang disesuaikan dengan kebutuhan emosional siswa. Disiplin siswa terbentuk melalui pembinaan yang berkesinambungan, kegiatan khas seperti kolosal, apel pagi, tea time, serta pendekatan yang memadukan ketegasan dan kelembutan. Meskipun sebagian guru belum memiliki pemahaman teoretis yang mendalam mengenai kecerdasan emosional, mereka mampu menerapkannya secara efektif dalam praktik pembelajaran, yang berdampak positif terhadap pembentukan karakter disiplin siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan aspek praktis kecerdasan emosional oleh guru merupakan faktor penting dan strategis dalam keberhasilan pendidikan karakter di jenjang dasar.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional Guru, Karakter Disiplin, Sekolah Berasrama
Unduhan
Referensi
Afifah, Z., & Utami, D. (2024). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa di Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(3), 123-133.
Doho, Y. D. B., Oktara, T. W., & Indriana, I. H. (2023). Kecerdasan Emosional (Teori dan Aplikasi). Widina Media Utama.
Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence). PT Gramedia Pustaka Utama.
Guo, W., & Wang, J. (2025). The impact of teacher emotional support on learning engagement among college students mediated by academic self-efficacy and academic resilience. Scientific Reports, 15(1), 3670.
Habibulloh, Muh., & Maunah, B. (2022). Kecerdasan Emosional Guru Dalam Membina Moralitas Peserta Didik. Realita : Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 13(1), 125-137.
Iswandi. (2019). Efektifitas Pendekatan Keteladanan dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MIN Bandar Gadang. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 113-136.
Rahim, A., Jabar, M. A., Zahira, T., Nazhif, N., & Widodo, S. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Pelajar Ma’had Al-Zaytun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2878-2883.
Setiadi, N. J., & Sutanto, H. (2024). Examining the Roles of Transformational Leadership, Emotional Intelligence, and Work-life Balance in Millennial Employee Engagement. Australasian Accounting, Business and Finance Journal, 18(4). https://www.uowoajournals.org/aabfj/article/id/1511/
Suarningsih, N. M., Ngurah Santika, I. G., & Bangi Roni, A. R. (2024). Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Berbagai Perspektif (Definisi, Tujuan, Landasan dan Prakteknya). Vol 2 No 2, 61-63.
Sudiarta, I. N., & Porro, A. L. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Yang Bermutu Melalui Peran Guru. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 76-84.
Sulistiono, M. N. (2020). Guru Profesional dan Berkualitas. Alprin.
Suroto, S. (2024). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah: Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1-9.
Wang, Y., & Zai, F. (2025). The Impact of Emotion Regulation Strategies on Teachers’ Well-Being and Positive Emotions: A Meta-Analysis. Behavioral Sciences, 15(3), 342.
Wismardi, M. N., & Marhadi, H. (2025). Kompetensi Sosial: Analisis Berdasarkan Kecerdasan Emosional Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 955-961.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Islamic Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.